Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video
NASIONAL

Susanty Widjaya, Penginspirasi Usaha Waralaba

Foto : KORAN JAKARTA/M ADEN MA’RUF

Susanty Widjaya (kanan)

A   A   A   Pengaturan Font

Di industri franchise atau waralaba, nama Susanty Widjaya sudah sangat tersohor. Segudang penghargaan pun telah dikantonginnya, baik secara personal maupun manajemen, serta brand-brand di perusahaan yang ia tangani dan kembangkan.

Susanty Widjaya atau yang akrap dipanggil Susan adalah salah satu wanita bertangan dingin yang sangat paham dan punya passion tinggi pada industri waralaba di Indonesia.

Susan lulus sebagai salah satu siswi pertukaran pelajar dan kuliah di negeri Paman Sam, Amerika Serikat, tahun 1995. Susan tercatat sebagai orang ketiga di Indonesia yang meraih gelar Certified Franchise Executive, di USA.

Tahun 1996, Susan mulai bergelut di dunia waralaba di Indonesia. Bersama dengan Asosiasi Franchise, dia membantu pemerintah menyusun modul franchise, termasuk ditetapkannya kata waralaba pada saat itu. Sampai saat ini, Susan selaku pengusaha waralaba turut membantu pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perdagangan dalam pertemuan-pertemuan yang membahas mengenai waralaba, dan ikut serta dalam sosialisasi peraturan waralaba terbaru yakni Permendag No 71/2019.

Di tahun 2003, ia telah meraih penghargaan Best Franchise dari Megawati Soekarno Putri yang kala itu menjabat sebagai Presiden RI. Disusul tahun 2005, Best Executive Award yang diberikan oleh Menteri Tenaga Kerja 2007, Best Franchise of The Year (terbaik di seluruh Indonesia). Tahun 2009 juara pertama sebagai Best Indonesia Woman Entrepreneur.

Di perusahaan yang ia kembangkan saat ini, Susan sukses meraih sejumlah penghargaan, di antaranya Franchise Fastest Growing, Indonesia Franchise Marketing Award, Digital Popular Brand, Franchise Top of Mind, dan Indonesia Franchise of the Year. Pada 28 Februari 2018, Susan dinobatkan sebagai Ratu Waralaba Indonesia yang diberikan oleh Menteri Pariwisata periode 2014-2019, Arief Yahya.

Susan, pada Jumat (22/11) lalu, dinobatkan sebagai The Most Inspiring Franchise Leader oleh Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) bekerja sama dengan Majalah Franchise Indonesia. Penghargaan tertinggi yang diberikan bagi pelaku bisnis franchise di Indonesia serta merupakan pengakuan atas kerja kerasnya selama kurun waktu 22 tahun di dunia franchise.

Apa yang menjadikannya sukses seperti saat ini?

"Passion dan kerja keras selama 22 tahun di industri waralaba ini menjadi modal yang kuat bagi saya untuk terus memberi kontribusi perekonomian bangsa melalui sektor waralaba," kata Susan yang juga Ketua Asosiasi Lisensi Indonesia (Asensi) itu.

Sederet penghargaan yang ia raih, semakin mengokohkan dirinya sebagai salah satu wanita yang layak dijadikan inspirasi dalam mengembangkan bisnis waralaba di Tanah Air. ruf/E-3

Penulis : Muhamad Ma'rup

Komentar

Komentar
()

Top