Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

Senat AS Kukuhkan Gina Raimondo Sebagai Menteri Perdagangan

Foto : VoA/AP

Gina Raimondo

A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON DC - Senat Amerika Serikat (AS) pada Selasa (2/3) mengukuhkan gubernur Negara Bagian Rhode Island, Gina Raimondo, untuk memimpin Kementerian Perdagangan AS, institusi yang berulang kali bertikai dengan Tiongkok selama pemerintahan sebelumnya.

"Senat AS memberikan dukungan suara 84 banding 15 untuk Raimondo," tulis VoA, rabu (3/3).

Raimondo, seorang Demokrat yang dipilih oleh Presiden Joe Biden, akan mengawasi Kementerian Perdagangan dan biro-bironya yang memiliki sekitar 46 ribu karyawan.

Kementerian tersebut mencakup Badan Telekomunikasi dan Informasi Nasional, Sensus AS, Badan Kelautan dan Atmosfer Nasional, Layanan Cuaca Nasional, dan Layanan Komersial Asing.

Kementerian ini juga membantu merundingkan perjanjian perdagangan dan menegakkan hukum perdagangan dan keamanan nasional. Pada sidang konfirmasinya, Raimondo berjanji untuk melindungi jaringan telekomunikasi AS dari perusahaan Tiongkok.

Namun ia menolak berkomitmen untuk mempertahankan perusahaan telekomunikasi Huawei Technologies dalam daftar larangan ekonomi AS.

Kementerian Perdagangan di bawah mantan presiden Donald Trump menarget Tiongkok di berbagai bidang, menambahkan puluhan perusahaan Tiongkok ke daftar larangan perdagangan, termasuk Huawei, pembuat chip utama negara itu SMIC, Hikvision, dan produsen drone SZ DJI Technology. VoA/I-1



(ils/I-1)
Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : Ilham Sudrajat

Komentar

Komentar
()

Top