Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

Seluruh Pasukan AS Ditarik dari Afghanistan pada 11 September

Foto : AFP/N Mohammad
A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON DC - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, pada Rabu (14/4) akan secara resmi mengumumkan penarikan seluruh anggota pasukan AS dari Afghanistan sebelum peringatan 20 tahun serangan 11 September. Hal itu disampaikan seorang pejabat senior AS yang enggan disebutkan jati dirinya.

"Penarikan ini akan mengakhiri peperangan yang paling lama diikuti AS walau ada besar kekhawatiran atas kemenangan Taliban," ucap pejabat senior itu.

Keputusan AS untuk menarik seluruh pasukannya terjadi setelah Turki mengumumkan penyelenggaraan konferensi perdamaian internasional atas Afghanistan pada 24 April hingga 4 Mei yang diharapkan bisa mencapai kesepakatan damai yang bisa membawa stabilitas setelah terjadi peperangan hampir selama 40 tahun.

Keputusan AS itu akan diikuti oleh NATO yang juga akan menarik pasukannya dari Afghanistan pada September. Selain itu Inggris pun akan memutuskan untuk menarik sekitar 750 pasukannya dari Afghanistan jupa pada September mendatang.

Terkait rencana penarikan pasukan dari Afghanistan ini, pada menteri luar negeri dari AS, Inggris, Prancis dan Jerman akan melakukan perundingan. SB/AFP/I-1




Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : Ilham Sudrajat

Komentar

Komentar
()

Top