Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Pemanasan Global

Sekjen PBB Peringatkan Pencairan Es Antartika Terjadi Makin Cepat

Foto : ISTIMEWA

Antonio Guterres, Sekjen PBB

A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON - Sekretaris Jenderal Perserikatan (Sekjen) Bangsa-Bangsa (PBB), Antonio Guterres, pada Senin, memperingatkan dampak pencairan es di Antartika dan mendesak tindakan global untuk mengatasi perubahan iklim.

"Sangat mengejutkan berdiri di atas es Antartika dan mendengar langsung dari para ilmuwan betapa cepatnya es itu mencair," kata Guterres kepada wartawan saat konferensi pers di Markas Besar PBB mengenai krisis iklim setelah perjalanannya baru-baru ini ke Cile dan Antartika.

Guterres mengatakan saat ini Antartika dan Greenland mencair tiga kali lebih cepat dibandingkan pada awal 1990-an. Es laut Antartika mencapai rekor terendah pada September 2023, yakni menyusut 1,5 juta kilometer persegi lebih kecil dari rata-rata sepanjang tahun.

"Dan tahun ini, es laut Antartika mencapai titik terendah sepanjang masa. Masalah ini penting bagi kita semua. Apa yang terjadi di Antartika tidak hanya mempengaruhi Antartika. Kita hidup di dunia yang saling terhubung," katanya.

Kesempatan Bertindak
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Antara, Fredrikus Wolgabrink Sabini

Komentar

Komentar
()

Top