Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Rumah-rumah Unik di Desa Jepang Tetap Kokoh Walau Diguncang Gempa

Foto : AFP/Philip FONG

Bangunan Tahan Gempa | Sejumlah rumah di Desa Akasaki, Prefektur Ishikawa, pada 6 Januari terlihat tetap kokoh berdiri walau telah terjadi gempa dahsyat pada Tahun Baru lalu mengguncang wilayah Noto, Jepang. Rumah-rumah ini tetap utuh berkat berkat kecerdasan arsitekturnya.

A   A   A   Pengaturan Font

Gempa dahsyat yang mengguncang Jepang pada Tahun Baru lalu menimbulkan banyak korban jiwa dan kerusakan bangunan. Namun sekitar 100 bangunan di satu desa nelayan lolos dari kehancuran berkat kecerdasan arsitekturnya

Gempa bumi pada Tahun Baru lalu menghancurkan bangunan-bangunan kayu di seluruh Semenanjung Noto Jepang, namun berkat kecerdasan arsitektur berusia puluhan tahun, satu desa nelayan kecil tetap berdiri kokoh.

Beberapa genteng terlepas namun tidak satupun dari sekitar 100 bangunan di Akasaki yang berangin kencang, di pesisir barat, roboh akibat gempa berkekuatan 7,5 skala Richter yang pusat gempanya hanya beberapa kilometer jauhnya.

Masaki Sato berkendara sepanjang malam dari rumahnya yang berjarak 300 kilometer di Tokyo setelah gempa untuk memeriksa rumah berusia 85 tahun yang ia miliki sejak tahun 2017 dan dikelola sebagai wisma inap musim panas.

"Rumah itu berdiri di atas lahan yang sangat sempit, dan bangunan tersebut memiliki banyak ruangan kecil, dengan banyak kolom yang membuatnya lebih kuat," kata pria berusia 43 tahun itu kepadaAFP.

Untuk menahan hujan deras, salju, dan angin laut yang menerpa Laut Jepang, rumah Sato dan sebagian besar rumah lainnya di Akasaki hanya memiliki sedikit jendela kaca. Dinding luarnya terbuat dari bilah kayu kokoh yang dilapisi secara horizontal. Sementara strukturnya ditopang oleh balok-balok tebal yang melintasi langit-langit.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : AFP

Komentar

Komentar
()

Top