Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Regulasi Perdagangan

RI Berkomitmen Sempurnakan Sistem HAKI

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) berkomitmen menyempurnakan sistem hak atas kekayaan intelektual (HAKI), di mana aturan perundangan yang ada di dalam negeri terus dimodernisasi. Direktur Perundingan Bilateral Kementerian Perdagangan sekaligus Wakil Ketua Delegasi Indonesia, Made Marthini menyampaikan perlindungan dan penghormatan HAKI di Indonesia sudah semakin baik dan aturan perundangan juga dimodernisasi.

"Sistem perlindungan HAKI yang kuat diperlukan seiring dengan perkembangan ekonomi dan industri kreatif di Indonesia. Dengan tantangan yang ada, pemerintah senantiasa memperbaiki kebijakannya dan melakukan berbagai kerja sama internasional," kata Made, dalam keterangan tertulis, Kamis (17/5).

Made mengatakan hal tersebut seusai pertemuan bilateral Indonesia USA Trade and Investment Framework Arrangement (TIFA) ke-17 di Jakarta, dan menyepakati rencana kerja HAKI, antara kedua negara. Pertemuan TIFA adalah salah satu upaya meningkatkan kerja sama perdagangan dan investasi Indonesia dengan AS.

Selain HAKI, beberapa isu penting yang dibahas kali ini antara lain Sistem Preferensi Umum (Generalized System of Preferences /GSP), akses pasar di bidang pertanian, perikanan, isu digital, dan jasa keuangan.

Forum Bilateral
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Muchamad Ismail
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top