Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video
Pembangunan Wilayah

Presiden Xi Melawat ke Tibet

Foto : SOUTH CHINA MORNING POST

KUNJUNGI TIBET I Presiden Tiongkok, Xi Jinping, dilaporkan melakukan lawatan yang langka ke wilayah yang sensitif secara politik, Tibet, Jumat (23/7). Media pemerintah menyebutkan, itu adalah kunjungan pertama oleh pemimpin tertinggi negara itu dalam lebih dari tiga dekade.

A   A   A   Pengaturan Font

BEIJING - Presiden Tiongkok, Xi Jinping, dilaporkan melakukan lawatan yang langka ke wilayah yang sensitif secara politik, Tibet, Jumat (23/7). Media pemerintah menyebutkan, itu adalah kunjungan pertama oleh pemimpin tertinggi negara itu dalam lebih dari tiga dekade.

Selama berabad-abad, Tibet telah terombang-ambing, antara berada dalam kemerdekaan dan kontrol oleh Tiongkok, yang mengatakan "membebaskan secara damai" dataran tinggi yang terjal pada 1951, serta membawa infrastruktur dan pendidikan ke wilayah yang sebelumnya terbelakang itu.

Tetapi, banyak orang Tibet di pengasingan menuduh pemerintah pusat melakukan penindasan agama dan mengikis budaya mereka. Pada 2008, meledak kerusuhan mematikan di wilayah itu setelah meningkatnya kemarahan atas penurunan yang dirasakan dari budaya kunonya, oleh perkembangan pesat yang dipicu oleh Tiongkok.

Menyapa Kerumunan

Dalam rekaman yang dirilis stasiun televisi milik negara, CCTV, Xi terlihat menyapa kerumunan yang mengenakan kostum etnis dan mengibarkan bendera Tiongkok saat ia meninggalkan pesawatnya, dalam sambutan karpet merah saat para penari tampil di sekelilingnya. Meskipun dia tiba pada Rabu di Bandara Utama Nyingchi di tenggara Tibet, media resmi tidak mewartakan kunjungannya sampai dua hari kemudian.

"Setelah sambutan hangat oleh kader dan massa dari semua kelompok etnis, Xi pergi ke Jembatan Sungai Nyang untuk mengamati program perlindungan ekologi dan lingkungan dari Sungai Yarlung Tsangpo dan Sungai Nyang," kata CCTV.

Xi mengunjungi Tibet dua kali. Pertama pada 1998 sebagai Ketua Partai Provinsi Fujian dan berikutnya pada 2011 sebagai Wakil Presiden. Sedangkan Presiden Tiongkok terakhir yang berkunjung adalah Jiang Zemin pada 1990.

Kelompok advokasi Kampanye Internasional untuk Tibet, pada Kamis, mengatakan orang-orang di Lhasa "melaporkan kegiatan yang tidak biasa dan pemantauan gerakan mereka" sebelum kunjungan, dengan jalan diblokir dan petugas keamanan memeriksa kegiatan setiap warga.

Kali ini, Xi juga mengunjungi Museum Perencanaan Kota Nyingchi, dan daerah lain untuk melihat perencanaan pembangunan kota, revitalisasi perdesaan, dan pembangunan taman kota. Pada Kamis, ia menuju ke Stasiun Kereta Api Nyingchi untuk melihat perencanaan proyek jalur Sichuan-Tibet sebelum naik kereta ke Lhasa.

Beijing melihat pembangunan sebagai penangkal ketidakpuasan di Tibet, di mana banyak yang masih menghormati pemimpin spiritual di kawasan itu, Dalai Lama, dan membenci masuknya turis dan pemukim dari Tiongkok. n SB/AFP/N-3


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : AFP, Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top