Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Presiden Bersama Masyarakat Tanam Pohon di Area Bekas Tambang

Foto : Istimewa

Presiden Jokowi didampingi Menteri LHK Siti Nurbaya menanam pohon di salah satu DAS di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Rabu (8/12).

A   A   A   Pengaturan Font

SINTANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi)bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, sejumlah menteri, dan masyarakat melakukan penanaman pohon di salah satu daerah aliran sungai (DAS) di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat,Rabu (8/12).

Menurut siaran persnya, kegiatan penanaman pohon tersebut merupakan bagian dari upaya pemulihan lingkungan di area bekas-bekas tambang, yang nanti juga dilakukan di provinsi-provinsi lain.

"Kita tahu ini adalah bekas pertambangan emas kira-kira tahun '90-an. Kemudian tadi kita telah menanam vegetasi pohon baik itu buah-buahan dan spesies-spesies yang lainnya," ujar Presiden di lokasi penanaman.

Dengan penanaman pohon tersebut, Presiden berharap daerah tangkapan air (DTA) atau catchment area dan DAS di hulu Sungai Kapuas maupun Sungai Melawi yang rusak karena aktivitas pertambangan dan perkebunan bisa pulih kembali. Penanaman pohon diharapkan bisa dilakukan di tempat-tempat area bekas tambang lain.

"Selain kita akan juga membangun sebuah persemaian di lingkungan Sungai Kapuas dalam rangka penanaman kembali, rehabilitasi kembali hutan-hutan kita yang rusak," imbuhnya.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Marcellus Widiarto

Komentar

Komentar
()

Top