Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Ekonomi Kreatif

Potensi Penonton Bioskop Bisa di Atas 80 Juta Orang

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Potensi penonton film di bioskop Indonesia sangat besar asalkan ada pemerataan persebaran bioskop di seluruh negeri. Proporsi penonton film di tanah air saat ini tidak sebanding dengan jumlah penduduk Indonesia.

"Dari segi proporsi penduduk Indonesia, saya selalu menggunakan angka konservatif perkiraan pasar potensialnya 80 juta penonton. Ini (jumlah penonton) kan hubungannya dengan jumlah penduduk, jumlah bioskop, tersebar di mana," ujar Pengamat sekaligus peneliti film Hikmat Darmawan di Jakarta, Jumat (9/2).

Meskipun demikian, Hikmat mengatakan industri perfilman Indonesia sudah berangsur-angsur pulih setelah dilanda pandemi Covid-19. Jumlah penonton film di bioskop pun sudah kembali seperti sebelum Covid-19. Industri film Indonesia juga dinilai cukup bagus karena banyak film lokal yang mendapatkan lebih dari 1 juta penonton.

Menurut data Badan Perfilman Indonesia (BPI), industri film di Indonesia menyedot 51,2 juta penonton pada 2019, tetapi kemudian anjlok menjadi hanya sekitar 19 juta penonton pada 2020 akibat pandemi Covid-19.Jumlah penonton makin merosot pada 2021 dengan hanya 4,5 juta penonton, dan baru kembali menggeliat pada 2022 dengan 24 juta penonton.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mencatat industri film di Indonesia makin tumbuh positif sepanjang 2023, dengan jumlah penonton film bioskop di Indonesia mencapai 55 juta orang.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Muchamad Ismail
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top