Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

Polisi Tangkap 3 Eks Redaktur "Apple Daily"

Foto : AFP/Bertha WANG

Kembali Ditangkap l Mantan redaktur penanggung jawab Apple Daily, Fung Wai-kong, keluar dari kantor markas kepolisian Hong Kong usai ia dibebaskan dengan jaminan pada 29 Juni lalu. Pada Rabu (21/7), Fung bersama dua staf senior lainnya ditangkap kembali oleh polisi atas tuduhan melanggar UU keamanan nasional.

A   A   A   Pengaturan Font

HONG KONG - Seorang mantan redaktur senior dan 2 mantan staf senior surat kabar prodemokrasi Hong Kong, Apple Daily, telah ditangkap oleh polisi pada Rabu (21/7). Sebuah media lokal menulis bahwa 2 staf senior yang ditangkap antara lain mantan wakil pemimpin redaksi bernama Chan Pui-man dan redaktur penanggung jawab bernama Fung Wai-kong. Keduanya ditangkap setelah sebelumnya pada Rabu pagi polisi menangkap mantan eksekutif pemimpin redaksi Apple Daily yang bernama Lam Man-chung.

"Kami menangkap seorang mantan redaktur surat kabar karena ia diduga melakukan kejahatan yang mengancam keamanan nasional dengan berkolusi dengan kekuatan asing," demikian pernyataan polisi Hong Kong. "Sedangkan dua staf senior lainnya ditangkap setelah ada pembatalan uang jaminan terhadap mereka," imbuh mereka.

Lam adalah karyawan Apple Daily ke-8 yang ditangkap atas pelanggaran undang-undang keamanan nasional yang diberlakukan Beijing di Hong Kong tahun lalu setelah kota itu kerap terjadi aksi protes demokrasi besar-besaran yang sering disertai tindak kekerasan.

Pihak berwenang mengatakan penulisan berita dan tajuk Apple Daily mendukung seruan untuk sanksi internasional terhadap Tiongkok dan hal itu merupakan sebuah sikap politik yang telah dikriminalisasi oleh undang-undang keamanan baru. SB/AFP/I-1




Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : AFP, Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top