Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Petani Sawit Merana, Harga TBS Turun di Daerah Ini karena Penjualan Minyak Sawit dan CPO Terbatas

Foto : ANTARA/Ferri

Tandan buah segar kelapa sawit milik petani di Kecamatan Air Manjuto, Kabupaten Mukomuko, Jumat (27/8/2021).

A   A   A   Pengaturan Font

MUKOMUKO - Harga pembelian tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di sejumlah pabrik minyak kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkuluturun hingga Rp500 per kilogram, Rabu (18/5), karena terbatasnya penjualan minyak sawit mentah atau crude palm oil(CPO).

"Harga TBS sawit hari ini turun di sebagian pabrik berkisar Rp40 hingga Rp200 per kilogram, dan di PT Surya Andalan Primatama turun hingga Rp500 per kg," kata Kasi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Sudianto dalam keterangannya, di Mukomuko, Rabu (18/5).

Ia mengatakan hal itu setelah mendapatkan data pembelian tandan buah segara kelapa sawit tanggal 18 Mei 2022 dari 10 pabrik minyak kelapa sawit.

Dia menyatakan, mayoritas pabrik di daerah ini membeli tandan buah segar kelapa sawit petani setempat dengan harga lebih murah dibandingkan harga penetapan tim perumus harga komoditi perkebunan tersebut.

Tim perumus harga komoditasperkebunan kelapa sawit pemerintah provinsi sejak beberapa hari yang lalu telah menetapkan harga jual TBS kelapa sawit tingkat pabrik tertinggi Rp3.200 per kg dan terendah Rp2.400 per kg.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top