Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis
Pemindahan Ibu Kota I Pertanian di Nusantara Terus Dikembangkan

Petani Lokal Harus Bisa Penuhi Pangan di IKN

Foto : ANTARA/DEDHEZ ANGGARA
A   A   A   Pengaturan Font

OIKN sedang melakukan pelatihan bagi masyarakat setempat untuk meningkatkan produksi dan kualitas aneka produk bahan pangan lokal.

NUSANTARA - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) memberikan semangat bagi petani lokal menjadi tuan rumah yang baik dan siaga dalam pemenuhan kebutuhan pangan bagi warga IKN, sehingga ke depan bahan pangan tidak perlu didatangkan dari luar daerah.

"Petani di IKN harus menjadi tuan rumah untuk pemenuhan pangan warga IKN ke depan. Pertanian model perkotaan yang kini dikembangkan para petani selain menambah ruang hijau juga harus mampu mendukung ketahanan pangan di IKN," ujar Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam OIKN, Myrna A Safitri, di Nusantara, Kamis (2/5).

Hal ini Myrna sampaikan karena hingga kini masih ada beberapa bahan pangan untuk warga Kalimantan Timur, termasuk untuk warga Sepaku yang merupakan kawasan Nusantara, didatangkan dari luar daerah, sehingga ke depan kebutuhan pangan ini bisa dipenuhi dari lokal.

Untuk itu, seperti dikutip dari Antara, OIKN telah dan sedang melakukan pelatihan bagi masyarakat lokal untuk meningkatkan produksi dan meningkatkan kualitas aneka produk bahan pangan lokal, kemudian melakukan pertemuan untuk mengevaluasi hasil pelatihan yang telah dilakukan pelatihan beberapa kali di tahun lalu.

Salah satunya adalah evaluasi melalui Direktorat Ketahanan Pangan OIKN, yakni evaluasi yang dikemas dalam bentuk pertemuan santai bersama petani se-Kecamatan Sepaku, berupa Temu Petani Hidroponik, digelar pada Selasa-Rabu (30 April dan 1 Mei 2024) di Balai Pertemuan Desa Bumi Harapan dan Sukaraja.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Eko S

Komentar

Komentar
()

Top