Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Pesawat Antariksa Swasta AS Berhasil Masuki Orbit di Sekitar Bulan

Foto : AP/SpaceX-NASA TV

Gambar dari video yang disediakan SpaceX melalui NASA TV menunjukkan pendarat bulan Intuitive Machines terpisah dari bagian atas roket dan menuju ke Bulan pada 15 Februari 2024.

A   A   A   Pengaturan Font

CAPE CANAVERAL - Sebuah pesawat pendarat swasta Amerika mencapai Bulan dan meluncur ke orbit rendah pada Rabu (21/2), sehari sebelum mendarat di permukaan abu-abu dan berdebu.

Associated Press melaporkan, pendaratan yang mulus tersebut akan membawa AS kembali dalam misi ke Bulan untuk pertama kalinya sejak astronaut NASA menutup program Apollo pada 1972. Jika berhasil, perusahaan tersebut akan menjadi perusahaan swasta pertama yang berhasil melakukan pendaratan di Bulan.

Diluncurkan minggu lalu, pendarat Intuitive Machines menembakkan mesinnya ke sisi belakang Bulan saat tidak bersentuhan dengan Bumi.Pengendali penerbangan di kantor pusat perusahaan di Houston harus menunggu sampai pesawat itu muncul untuk mengetahui apakah pendaratnya berada di orbit atau meluncur tanpa tujuan.

Mesin Intuitif mengonfirmasi bahwa pendaratnya, yang dijuluki Odysseus, mengelilingi Bulan dengan eksperimen dari NASA dan klien lainnya.Pendarat ini merupakan bagian dari program NASA untuk memulai bisnis Bulan;badan antariksa tersebut membayar 118 juta dollar untuk melakukan eksperimennya di Bulan dalam misi ini.

Pada Kamis (22/2), pengendali akan menurunkan orbit dari kurang dari 60 mil (92 kilometer) menjadi 6 mil (10 kilometer) - sebuah manuver penting yang terjadi lagi di sisi jauh Bulan - sebelum mendarat di dekat kutub selatan Bulan.Ini adalah tempat yang tidak pasti untuk mendarat dengan kawah dan tebingnya, namun dianggap sebagai kawasan utama bagi para astronaut karena kawah diyakini menampung air beku.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : Lili Lestari

Komentar

Komentar
()

Top