Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Perusahaan Norwegia Resmikan Tenaga Angin Lepas Pantai Terapung Terbesar di Dunia

Foto : Istimewa

Ilustrasi

A   A   A   Pengaturan Font

Perusahaan energi asal Norwegia, Equinor Norwegia meresmikan Hywind Tampen, pembangkit listrik tenaga angin lepas pantai terapung terbesar di dunia pada pekan lalu. Hywind Tampen juga akan menjadi pembangkit listrik tenaga angin lepas pantai pertama di dunia yang memasok listrik ke ladang-ladang minyak dan gas, sehingga mengurangi emisi karbondioksida (CO2).

Pembangunan Hywind Tampen diperkirakan menelan biaya mencapai 7,4 miliar Krone atau sekitar 638 juta Euro. Hywind Tampen yang memiliki kapasitas 88 megawatt (MW) diharapkan dapat mengurangi emisi sebesar 200 ribu ton per tahun dari produsen-produsen minyak dan gas utama di Laut Utara. Adapun jumlah tersebut merupakan 0,4 persen dari total emisi CO2 Norwegia pada tahun 2022.

"Kami memiliki ambisi yang jelas di Norwegia sehubungan dengan emisi CO2, untuk menguranginya (sebesar) 50 persen (pada tahun 2030). Untuk melakukan itu, kami membutuhkan tenaga listrik. Ini juga tentang membangun industri baru yang akan menjadi penting untuk menciptakan lebih banyak tenaga listrik di Norwegia," kata Kepala Eksplorasi dan Produksi Equinor di Norwegia, dikutip dari Reuters, Senin (28/8).

Hywind Tampen mulai memproduksi listrik pada kuartal ketiga tahun 2022, tetapi sekarang telah beroperasi penuh. Diharapkan dapat memenuhi sekitar 35 persem dari kebutuhan listrik tahunan di lima anjungan, Snorre A dan B serta Gullfaks A, B dan C.

Ladang angin ini terletak sekitar 140 kilometer dari pantai, dengan kedalaman air antara 260 dan 300 meter. Ladang angin ini terdiri dari 11 turbin angin berdasarkan konsep Hywind terapung, yang dikembangkan oleh Equinor. Turbin-turbin tersebut dipasang pada struktur beton terapung dengan sistem penahan yang sama.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top