Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Pentagon: Persenjataan Nuklir Tiongkok Miliki Lebih dari 500 Hulu Ledak

Foto : AP/Mark Schiefelbein

Warga Tiongkok mengibarkan bendera ketika kendaraan militer yang membawa rudal balistik DF-41 meluncur dalam parade memperingati 70 tahun berdirinya Komunis Tiongkok di Beijing, 1 Oktober 2019.

A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON - Tiongkok memiliki lebih dari 500 hulu ledak nuklir yang beroperasi di gudang senjatanya dan mungkin lebih dari 1.000 hulu ledak pada tahun 2030, kata Pentagon dalam laporan tahunannya tentang militer Beijing yang dirilis pada Kamis (19/10).

Meskipun jumlah senjata nuklir Tiongkok semakin meningkat, jumlahnya masih jauh lebih rendah dibandingkan yang dimiliki Rusia dan Amerika Serikat.

Amerika Serikat mempunyai persediaan sekitar 3.700 hulu ledak nuklir, dan sekitar 1.419 hulu ledak nuklir strategis dikerahkan.Rusia memiliki sekitar 1.550 senjata nuklir yang dikerahkan dan menurut Federasi Ilmuwan Amerika, terdapat 4.489 hulu ledak nuklir.

Dalam laporan yang luas, Pentagon mengatakan lebih dari 500 hulu ledak Tiongkok pada Mei 2023 berada di jalur yang melebihi proyeksi.

Dalam laporan sebelumnya, Pentagon memperkirakan Beijing memiliki lebih dari 400 hulu ledak nuklir yang beroperasi pada 2021.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : CNA

Komentar

Komentar
()

Top