Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Pengamalan Pancasila

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Tahun 2020 ini kita memperingati Hari Kelahiran Pancasila di tengah wabah pandemi Covid-19 yang telah menyerang hampir seluruh negara di dunia. Penyebaran dan dampaknya amat dahsyat dan korban tewas pun mencapai angka yang fantastis. Angka penderita positif Covid-19, termasuk jumlah yang meninggal pun terus bertambah. Pemerintah melalui juru bicara Gugus Tugas Penagangan Covid-19, Achmad Yurianto, setiap hari melakukan update sehingga persebaran dan angka yang meninggal, sembuh, juga bisa cepat diketahui.

Dalam konteks pandemi korona ini maka peringatan Hari Lahir Pancaila 1 Juni ini punta arti yang penting bagi kita. Sebagai bangsa, kita memiliki ideologi dan falsafah negara yang kuat dan futuristik. Artinya jauh melampui zaman dan tetap relevan dan setiap zaman. Begitu pula ketika kita dihadapkan pada persoalan besar menghadapi bencana virus ini maka kedudukan Pancasila sebagai pedoman untuk menangani pandemi, sesungguhnya juga sangat kokoh.

Sebagaimana sering dikemukakan Presiden Joko Widodo bahwa kita tidak bisa menghindari dari wabah virus ini dan jalan terbaiknya setelah kita melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan sesuai protokol kesehatan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) adalah berdamai dengan virus. Artinya, kita harus mempersiapkan diri dengan protokol kesehatan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Di samping itu, secara psikologis, kita tidak boleh terlalu khawatir dalam menghadapi situasi ini. Sebab kekhawatiran yang berlebihan dalam menghadapi pandemi, ditambah berita bohong atau hoaks yang gampang kita telan, justru akan membuat imunitas tubuh kita lemah dan mudah terserang virus. Sikap peduli terhadap sesama, khususnya warga yang terdampak Covid-19 dan kemudian menerapkan praktik gotong royong untuk saling membantu, merupakan bukti pengamalan ajaran Pancasila, khususnya sila kelima.

Baca Juga :
Letusan Semeru

Hal ini makin membuktiukan bahwa masyarakat Indonesia dalam situasi apa pun, akan saling membantu dan bergotong royong meringankan beban saudara sebangsa dan se-Tanah Air. Dalam konteks pandemi Covid- 19 ini, kita masih menyaksikan sebagian masyarakat kita yang tak patuh terhadap aturan dan juga imbauan pemerintah dalam mencegah merebaknya virus korona.
Halaman Selanjutnya....

Komentar

Komentar
()

Top