Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Pencegahan Hipertensi Harus Dimulai dari Masa Kecil

Foto : ISTIMEWA

ukur tensi

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Penyakit hipertensi atau darah tinggi dapat dicegah. Pencegahan yang dapat dilakukan dengan menanamkan pola hidup sehat sejak usia dini, terutama bagi mereka yang memiliki faktor genetika.

Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Hipertensi atau Indonesian Society of Hypertension (InaSH ) dr. Eka Harmeiwaty, Sp.S, mengatakan, hipertensi dapat dicegah walaupun faktor genetik dan usia sulit untuk dimodifikasi. Pencegahan dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat dan edukasi yang dilakukan di sekolah.

"Pencegahan dimulai dari usia dini lebih mudah dibandingkan menyarankan perubahan gaya hidup bagi orang dewasa," ujar dia dalam konferensi pers virtual dengan tema Measure Your Blood Pressure, Control it, Live Longer, Selasa (17/5).

Orangtua dan guru mempunyai peranan penting dalam menanamkan pola hidup sehat pada anak-anak yang akan terus diingat dalam memorinya hingga mereka dewasa. Mereka perlu diajari tentang cara mengurangi paparan terhadap polusi udara sebagai upaya pencegahan hipertensi, selain mengatasi stres dan tidur yang cukup.

Eka mengatakan, seiring bertambahnya usia maka risiko hipertensi meningkat. Risiko meningkat tajam pada usia 45 tahun. Maka dari itu ia menyarankan untuk melakukan pemeriksaan tekanan darah secara reguler dimulai pada usia 18 tahun, terutama yang mempunyai riwayat keluarga dengan hipertensi atau penyakit kardiovaskular.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Aloysius Widiyatmaka
Penulis : Haryo Brono

Komentar

Komentar
()

Top