Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Antisipasi Krisis

Penasihat G7 Desak Perubahan Pengelolaan Ekonomi Global

Foto : PATRICK SEMANSKY/AFP

PARA PEMIMPIN G7 I Dari kiri: Presiden Dewan Eropa, Charles Michel, Presiden AS, Joe Biden, PM Jepang, Yoshihide Suga, PM Inggris, Boris Johnson, PM Italia, Mario Draghi, dan Presiden Prancis, Emmanuel Macron berpose pada awal KTT G7 di Carbis Bay, Cornwall, beberapa waktu lalu.

A   A   A   Pengaturan Font

LONDON - Pengelolaan ekonomi dunia perlu dirombak untuk memastikan daya tahannya terhadap guncangan ekonomi dan kesehatan di masa depan, juga terhadap berbagai tantangan yang dipicu perubahan iklim serta kebangkitan Tiongkok, kata para penasihat bagi G7, kelompok tujuh negara ekonomi terbesar dunia.

Dalam sebuah laporan pada Rabu (13/10), mereka mengatakan rantai pasokan, distribusi vaksin, akses ke mineral penting, ancaman siber, pajak digital, aset kripto, dan perubahan iklim membutuhkan langkah perubahan tentang bagaimana ekonomi dunia dikelola.

Mark Sedwill, Mantan Kepala Layanan Sipil Inggris dan Penasihat Keamanan Nasional yang menjabat Ketua Panel Penasihat G7 bidang Ketahanan Ekonomi, mengatakan negara-negara G7 perlu bekerja sama lebih efektif untuk mengidentifikasi dan mengelola risiko atau paksaan yang muncul.

Lebih Hijau

Tentang Tiongkok, para penasihat mengatakan Beijing bertekad untuk meraih dominasi pasar di sejumlah bidang, seperti kecerdasan buatan (artificial intelligence) dan bioteknologi, dan telah mendominasi dalam pemurnian dan produksi mineral yang menjadi kunci dalam transisi menuju dunia yang lebih hijau.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top