Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Pemanfaatan Pelabuhan Internasional Dioptimalkan

Foto : istimewa

ilustrasi pelabuhan internasional

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Pelabuhan internasional perlu dimanfaatkan secara optimal untuk membantu pemulihan ekonomi dalam negeri. Pasalnya, posisi Indonesia sangat strategis dalam jalur perdagangan dunia.

Menurut Chairman Supply Chain Indonesia (SCI), Setijadi menyatakan lima tantangan pengembangan pelabuhan hub internasional di Indonesia. Pertama, masalah skala ekonomi muatan karena keberadaan banyak pelabuhan di Indonesia yang mengakibatkan volume muatan tersebar.

Kedua, integrasi pelabuhan, pelayaran, dan industri yang belum optimal. Ketiga, dukungan stakeholders mulai dari kementerian/ instansi terkait, operator pelabuhan, industri, asosiasi, penyedia jasa logistik, hingga pemerintah daerah.

"Masalah keempat dan kelima adalah konsistensi program pembangunan industri dan rencana pengembangan sistem transportasi. Inkonsistensi mengakibatkan ketidakpastian yang menyulitkan pemerintah pusat dan pemerintah daerah maupun pelaku usaha dalam melakukan perencanaan," kata Setijadi di Jakarta, Selasa (29/6).

Sedangkan, Ketua Bidang Angkutan Peti Kemas Luar Negeri DPP INSA, Teguh Basuseto menyebut 5 pelabuhan utama dengan kontribusi sebesar 6,7 juta TEU's yaitu Tanjung Priok, Tanjung Perak, Tanjung Emas, Belawan, dan Makassar. Kriteria pelabuhan hub internasional mencakup lokasi yang dekat dengan alur pelayaran dunia; free trade area untuk menarik kargo dari negara-negara sekitar; tarif atraktif, jelas, dan terukur; infrastruktur memadai; dan ketersediaan sarana pendukung.


Redaktur : Muchamad Ismail
Penulis : Mohammad Zaki Alatas

Komentar

Komentar
()

Top