Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Pangeran Harry Menangkan Gugatan Peretasan Ponsel oleh Tabloid Inggris

Foto : Istimewa

Keputusan tersebut menjadi kemenangan besar bagi keluarga kerajaan dalam kampanye jangka panjangnya melawan campur tangan media dalam lingkup privasi dan merupakan pukulan bagi pers tabloid Inggris.

A   A   A   Pengaturan Font

LONDON - Pengadilan London pada hari Jumat (15/12) memutuskan memenangkan Pangeran Harry dalam gugatan yang diajukannya terhadap penerbit tabloid Inggris, sebuah kemenangan besar dalam pertarungan jangka panjang kerajaan dengan media berita Inggris dan pembenaran pribadi atas perjuangannya melawan campur tangan pers dalam hidupnya.

Dilansir oleh New York Times, hakim memutuskam terdapat bukti yang cukup bahwa media Mirror Group, yang memiliki beberapa terbitan, telah terlibat dalam pengumpulan informasi yang melanggar hukum, termasuk peretasan telepon dalam liputannya tentang Pangeran Harry dan penggugat lainnya.

Hakim Timothy Fancourt memutuskan bahwa informasi dalam 15 dari 33 artikel yang diajukan oleh pengacara Harry sebagai bukti peretasan telepon telah dikumpulkan secara tidak sah oleh jurnalis, dan dia harus membayar ganti rugi kepada kerajaan sebesar 140.600 poundstetling, atau sekitar 180.000 dolar AS. Dia mengatakan bahwa telepon pribadi Harry menjadi sasaran peretasan antara tahun 2004 dan 2009.

Gugatan yang bersifat perdata tersebut, adalah salah satu dari yang dilakukan Harry, bangsawan Sussex dan putra bungsu Raja Charles III, dan istrinya, Meghan, dalam menentang media berita tabloid Inggris terkait sejumlah kasus hak privasi.

Perjuangannya melawan media Inggris sering kali sangat kontras dengan pendekatan yang biasanya dilakukan keluarga kerajaan, dan keputusan tersebut diambil di tengah keretakan yang semakin dalam di kalangan keluarga kerajaan mengenai cara menangani pers.

Pangeran Harry, yang memoarnya "Spare", diterbitkan tahun ini, menggambarkan kemarahannya yang mendalam atas perlakuan tabloid terhadap mendiang ibunya, Putri Diana, dan merupakan anggota senior pertama keluarga kerajaan Inggris yang mengambil sikap tersebut sejak abad ke-19.

Keputusan tersebut tampaknya membenarkan langkah itu.

"Saya telah diberitahu bahwa membunuh naga akan membuat Anda terbakar, namun mengingat kemenangan hari ini dan pentingnya melakukan apa yang diperlukan untuk kebebasan dan kejujuran. Ini adalah harga yang pantas untuk dibayar," kata Harry dalam sebuah pernyataan yang dibacakan oleh pengacaranya setelah keputusan tersebut.

Keputusan tersebut juga dapat mempunyai implikasi luas bagi surat kabar tabloid Inggris, yang kemungkinan akan menghadapi tuntutan akuntabilitas yang lebih luas.

Harry menuduh para jurnalis di tabloid The Mirror, The Sunday Mirror, dan The Sunday People menargetkan dia dan orang-orang di lingkaran dalamnya dengan mendapatkan akses ke pesan suaranya, dan menggunakan metode melanggar hukum lainnya selama bertahun-tahun, sehingga menyebabkan dia "sangat tertekan."

Sebagian besar tindakan yang diuraikan dalam kasus ini terjadi antara tahun 1991 dan 2011, ketika Harry berada di urutan ketiga pewaris takhta Inggris, di belakang ayah dan kakak laki-lakinya, William.

Selama kasus ini, Harry memberikan kesaksian selama lebih dari tujuh jam di ruang sidang London pada bulan Juni. Pengacaranya mengajukan 147 artikel surat kabar sebagai barang bukti, puluhan di antaranya diperiksa secara forensik dalam persidangan.

Dalam kesaksiannya, Harry mengatakan bahwa cerita negatif tentang dirinya dan keluarganya yang tersebar di halaman depan surat kabar telah membuatnya tidak mempercayai teman-teman terdekatnya sekalipun. Dalam bukti tertulis, ia menyatakan bahwa metode yang digunakan oleh para editor dan jurnalis "berlumuran darah" dan sejauh mana mereka melakukan pemberitaan tentang dirinya dan keluarganya. Ibu Harry, Diana, meninggal dalam kecelakaan mobil pada tahun 1997 setelah dikejar oleh fotografer di Paris.

Selama kesaksiannya, Harry membahas artikel-artikel Mirror Group tentang kehidupannya, beberapa di antaranya ditulis ketika dia masih di sekolah dasar, yang sering kali mengungkapkan detail pribadi yang menyedihkan dan merusak.

Salah satunya memuat rincian tentang ibu jarinya yang patah di sekolah.

"Bukan saja saya tidak tahu bagaimana mereka bisa mengetahui hal itu, tapi hal-hal semacam itu menimbulkan paranoia pada seorang pemuda," Harry bersaksi, mengisyaratkan bahwa telepon dokternya mungkin telah diretas untuk mendapatkan informasi tersebut.

Beberapa cerita berfokus pada hubungan Harry dengan Chelsy Davy, mantan pacarnya, yang mulai dia kencani setelah dia meninggalkan sekolah. Pangeran itu mengatakan bahwa pada suatu saat pasangan tersebut menemukan alat pelacak di mobilnya.

Yang terpenting, pemeriksaan silang terhadap Harry tidak menghasilkan bukti nyata adanya peretasan telepon. Hal ini menjadi pertanyaan utama yang dihadapi hakim, yang harus memutuskan apakah serangkaian cerita yang sangat rinci tentang kehidupan pribadi Harry merupakan bukti yang cukup bahwa tabloid Mirror Group telah menggunakan metode ilegal untuk mendapatkan informasi tentangnya.

Pengacara Mirror Group, Andrew Green, telah mendesak kerajaan untuk memberikan bukti kuat bahwa jurnalisnya telah meretas teleponnya dan berargumen bahwa banyak informasi yang menurut Harry dan tim hukumnya diperoleh secara tidak sah sebenarnya tersedia dari sumber lain, termasuk dari petugas pers yang terkait dengan keluarga kerajaan.

Namun pada akhirnya, Hakim Fancourt, dalam putusan sepanjang 386 halaman, menemukan bahwa terdapat cukup bukti di hampir setengah artikel yang diajukan oleh tim Pangeran Harry yang dapat dikaitkan dengan peretasan telepon.

Yang terpenting, karena ini adalah kasus perdata, penuntut tidak perlu mengkonfirmasi adanya peretasan tanpa keraguan, namun cukup bukti yang menunjukkan bahwa hal tersebut mungkin terjadi.

Ada empat penggugat lain dalam kasus ini, dan hakim memutuskan bahwa mereka telah membuktikan bahwa cara-cara yang melanggar hukum digunakan untuk mengumpulkan informasi yang kemudian diterbitkan oleh Mirror Group untuk keempatnya.

Dalam sebuah pernyataan, Mirror mengatakan bahwa mereka menyambut baik keputusan tersebut, dengan mengatakan bahwa keputusan tersebut "memberikan kejelasan yang diperlukan bagi bisnis untuk bergerak maju dari peristiwa yang terjadi bertahun-tahun yang lalu."

"Jika terjadi kesalahan historis, kami meminta maaf tanpa syarat, telah mengambil tanggung jawab penuh dan membayar kompensasi yang sesuai," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

David Sherborne, pengacara utama yang mewakili Pangeran Harry dan penggugat lainnya dalam kasus tersebut, menyebut putusan tersebut "membenarkan dan menegaskan," dalam sebuah pernyataan yang dibacakannya atas nama Harry, di luar ruang sidang pusat kota London pada hari Jumat.

"Kasus ini bukan hanya tentang peretasan, ini adalah praktik sistemik yang melanggar hukum dan perilaku yang mengerikan," kata Sherborne, seraya menambahkan bahwa orang-orang paling senior di organisasi berita tersebut "dengan jelas mengetahui atau terlibat dalam aktivitas ilegal ini."

Pernyataan Harry menambahkan bahwa dia berharap temuan pengadilan akan "menjadi peringatan bagi semua organisasi media" yang telah terlibat atau mempertimbangkan pengumpulan informasi ilegal.


Redaktur : Selocahyo Basoeki Utomo S
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top