Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

Pangeran Harry dan Meghan MarkleAncam Gugat BBC Terkait Pemberitaan Nama Anak Kedua

Foto : VoA/AFP

Halaman depan sejumlah koran Inggris melaporkan wawancara Meghan Markle, istri Pangeran Harry, dengan Oprah Winfrey, dan ditayangkan oleh CBS, 9 Maret 2021.

A   A   A   Pengaturan Font

LONDON - Hanya beberapa hari setelah kelahiran anak kedua mereka, Pangeran Harry dari Inggris dan istrinya, Meghan Markle, sudah bertikai dengan lembaga penyiaran Inggris, BBC.

Pasangan itu mengancam akan mengambil tindakan hukum terkait pemberitaan BBC yang mempertanyakan apakah mereka telah berkonsultasi dengan kerajaan mengenai nama anak kedua mereka.

Pangeran Harry dan Meghan yang bergelar Duke dan Duchess of Sussex, pada Minggu (6/6) lalu mengumumkan kelahiran putri mereka yang bernama Lilibet 'Lili' Diana Mountbatten-Windsor, yang lahir di Rumah Sakit Santa Barbara Cottage di California. Nama itu adalah nama panggilan keluarga untuk Ratu Elizabeth.

Kantor berita Reuters melaporkan, beberapa komentator kerajaan mengatakan langkah itu tampaknya menjadi tanda damai bagi keluarganya setelah perselisihan menyusul wawancara mereka yang mengejutkan dengan pembawa acara bincang-bincang AS, Oprah Winfrey, pada Maret lalu.

Dalam wawancara itu, Harry dan Meghan menuduh seorang bangsawan tak dikenal membuat pernyataan rasis dan mengatakan ketika Meghan meminta bantuan saat dia merasa ingin bunuh diri, permohonan itu diabaikan.

Namun, pada Rabu (9/6), BBC mengutip sumber Istana yang tidak disebutkan namanya, melaporkan bahwa pasangan itu tidak meminta izin dari Elizabeth sebelum mereka memilih nama itu.

"Selama percakapan itu, Pangeran Harry menyampaikan harapan mereka untuk menamai putri mereka Lilibet untuk menghormatinya," kata juru bicara mereka. "Jika dia (Ratu Elizabeth) tidak mendukung, mereka tidak akan menggunakan nama itu," ungkap jubir itu.

Pengacara pasangan itu kini telah mengirim surat ke beberapa organisasi media, mengatakan artikel BBC itu palsu dan memfitnah, dan tuduhan itu tidak boleh diulang. BBC tidak segera menanggapi surat itu ketika dihubungi oleh Reuters.

Istana Buckingham mengatakan tidak ada komentar tentang masalah ini. Secara publik, Ratu Elizabeth telah mengeluarkan pernyataan untuk mengatakan bahwa dia senang dengan kelahiran itu. Kakak Harry, Pangeran William dan istrinya Kate, juga mengungkapkan kegembiraan yang sama. Hubungan William dengan Harry juga memburuk.

Dalam pidatonya pada Selasa (8/6), ayah Harry, Pangeran Charles, ahli waris takhta, mengatakan itu (kelahiran Lili) adalah berita bahagia. VoA/I-1




Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : Ilham Sudrajat

Komentar

Komentar
()

Top