Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

Pandemi Covid-19 Mengingatkan Dude Harlino Untuk Makin Hargai Profesi Guru

Foto : (instagram/dude2harlino)

Dude Harlino dan Alyssa Soebandono

A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta- Aktivitas sekolah dari rumah membuat orangtua punya tugas baru untuk membimbing anak belajar, sebuah tugas yang diakui tidak mudah oleh aktor Dude Harlino. Ayah dari dua anak itu mengatakan dia semakin menghargai profesi guru setelah merasakan sendiri sulitnya menjadi seorang pendidik.

Dia dan istrinya, aktris Alyssa Soebandono, harus mengawasi anak dalam mengerjakan tugas. Bila mereka tidak memahami tugas yang diberikan untuk buah hati, orangtua pun aktif bertanya ke pihak sekolah. Dude menambahkan, dia dan istri juga harus memahami materi yang diberikan kepada anak.

"Harus baca dan pelajari, ketika anak bertanya kita harus tahu jawabannya. Itulah seninya orangtua di masa pandemi, saya jadi lebih menghargai profesi guru," kata Dude dalam webinar "Peran Ayah di Parenting Era Baru", Kamis.


Dude berpendapat, seorang ayah juga punya peran yang tak kalah penting dari ibu dalam hal mengasuh dan membesarkan anak. Dude juga memastikan dia selalu punya waktu untuk berinteraksi dengan kedua buah hatinya, termasuk melakukan kontak fisik demi mendekatkan hubungan antara ayah dan anak.

"Saya enggak mau kehilangan momen, seorang ayah juga perlu ada sentuhan dengan anak," ujar Dude, menyebut dirinya juga terbiasa mengganti popok anak, salah satu kegiatan yang juga mengeratkan hubungan mereka.

Tak semua urusan anak pasti diserahkan kepada istri, ada kalanya Alyssa juga harus meninggalkan anak karena urusan tertentu dan Dude yang bertugas menjaga anak. Dude menuturkan, sang istri termasuk orang yang teliti dan selalu perhatian meski tidak berada di rumah.

"Kalau Icha syuting, yang pertama dia nulis daftar (kegiatan anak), jam segini harus ngapain. Sebetulnya saya inget, tapi biar yakin saja diberi daftar," ujar Dude.

Dia merasa senang karena istrinya selalu rutin memantau kabar anak lewat panggilan video, di sisi lain Dude juga bisa menanyakan berbagai hal terkait anak bila ada yang terlupakan.

"Ichaconcernbanget sama anak terutama soal jadwal. Kecuali kalau saya ajak main yang (durasi) lama biasanya jadwal berantakan, tapi segera dibalikin ketrack."

Dari sekian banyak aktivitas, Dude mengakui dia paling bisa diandalkan soal kegiatan yang membutuhkan kemampuan fisik seperti bermain bola, berlarian atau menggendong anak di pundak.

"Kalau saya pulang syuting cepat, anak-anak heboh mau main, saya berusaha memanfaatkan waktu bersama anak agar momen tidak hilang," kata Dude yang lebih mementingkan aktivitas fisik untuk anak ketimbang terlena oleh gawai.



(Ant/P-4)
Redaktur : Khairil Huda

Komentar

Komentar
()

Top