Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Opini Achmad Nur Hidayat: Kenapa Ekonomi Vietnam Tumbuh Pesar Dibanding Indonesia? Salah Satunya karena Upah Rendah

Foto : Reuters
A   A   A   Pengaturan Font

*Acmad Nur Hidayat adalah Ekonom dan Pakar Kebijakan Publik Narasi Institute

Beberapa waktu yang lalu BPS telah menerbitkan laporan tentang Economic growth (pertumbuhan ekonomi) Indonesia mengalami pertumbuhan sebesar 5,72 persen melampaui China dan Amerika membuat para Sri Mulyani CS berbangga hati.

Tapi ada satu negara ASEAN yang mengalami pertumbuhan ekonomi jauh melampaui Indonesia lebih dari dua kali lipat pertumbuhan ekonomi Indonesia yaitu Vietnam dengan pertumbuhan ekonomi 13,7 persen. Ini sangat luar biasa.

Hal ini menarik untuk menelusuri hal-hal apa saja yang membuat Vietnam mengalami kemajuan yang begitu signifikan? Padahal di Vietnam tidak ada Dana PEN imbas COVID, tidak ada proyek besar IKN dan Kereta Api Cepat, Tidak ada Burden Sharing Bank Sentral, dan Tidak ada kelonggaran defisit belanja pemeritah diatas 3 persen. Namun pertumbuhan Vietnam begitu mengesankan. Ada sesuatu yang menarik untuk kita ketahui bersama terkait pertumbuhan ekonomi Vietnam terutama dalam kurun 5 tahun terakhir. Ini analisanya.

Turning Point Kebangkitan Ekonomi Vietnam
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Eko S
Penulis : Eko S

Komentar

Komentar
()

Top