Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

Ombudsman Perkirakan Harga Batas Atas Antigen Rp50-100 Ribu

Foto : Koran Jakarta/M Fachri

Sejumlah klinik test swab di Kawasan Warung Buncit, Jakarta Selatan.

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Ombudsman Jakarta Raya memperkirakan harga batas atas tes usap antigen seharusnya mencapai kisaran 50.000 hingga 100.000 rupiah atau lebih rendah dari harga batas atas yang ditetapkan saat ini mencapai 250.000 rupiah untuk di Jawa.
"Harga batas atas swab antigen seharusnya berkisar di angka 50-100 ribu rupiah saja," kata Kepala Perwakilan Ombudsman Jakarta Raya Teguh P Nugroho di Jakarta, Jumat (23/7).
Menurut dia, berdasarkan informasi importir alat tes usap antigen, bahwa harga satuan alat dengan kualitas reagen dari China mencapai 7.500 rupiah jika pembelian dengan skema kedua pemerintah untuk pembelian minimal lima juta alat.
Sedangkan untuk reagen dari Kanada berada pada kisaran 3,6 dollar AS atau sekitar 50.000 rupiah per satuan.
Teguh menambahkan jika mengambil contoh keuntungan yang diambil penyelenggara GeNose dengan memungut 30.000 rupiah untuk biaya personel, administrasi (surat bebas atau positif Covid-19), dan keuntungan mereka, harganya kisaran 50-100 ribu rupiah. "Ombusdman Jakarta Raya menilai mustahil jika Kemenkes dan BPKP tidak memiliki informasi tersebut," ucapnya.
Ia meminta Kementerian Kesehatan dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) harus segera mengubah harga batas atas tes usap antigen agar bisa dijangkau lebih banyak masyarakat. Ant/S-2




Redaktur : Sriyono
Penulis : Sriyono

Komentar

Komentar
()

Top