Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video
Kemitraan Bilateral -- Pengiriman Berikutnya Dilakukan Bertahap Tiap Pekan

Oksigen Bantuan Singapura untuk RS di Jawa dan Bali

Foto : ANTARA FOTO/Hiro

Petugas berusaha menurunkan 'Oxygen Cylinders' dari kapal perang Singapura, RSS Endeavour-210 di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (14/7). RSS Endeavour-210 membawa bantuan dan dukungan dari pemerintah Singapura untuk mempercepat penanggulangan pandemi Covid-19 di Indonesia berupa Filled 250 X 50L Oxygen Cylinders, Iso Tank, Oxygen Concentrattors, Oxygen Concentrators Accessories.

A   A   A   Pengaturan Font

Hibah tersebut diharapkan dapat membantu upaya penanggulangan pandemi Covid-19 Tanah Air. Hal itu juga mencerminkan hubungan baik dan kedekatan kedua negara.

JAKARTA - Kementerian Kesehatan memprioritaskan distribusi bantuan 11.000 oksigen konsentrator bantuan dari Singapura untuk memenuhi kebutuhan pasien Covid-19 yang saat ini sedang menjalani perawatan di berbagai fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) di Pulau Jawa dan Bali.

"Bantuan oksigen dari Singapura kita terima kemarin. Segera didistribusikan ke berbagai fasilitas pelayanan kesehatan, terutama rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan Jawa dan Bali," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi, di Jakarta, Rabu (14/7).

Ia menjelaskan, bantuan itu merupakan bentuk kepedulian dan persaudaraan Indonesia-Singapura dalam upaya menanggulangi pandemi Covid-19. Peningkatan kasus sekarang memerlukan kecepatan penanganan. Ini khususnya bagi mereka yang membutuhkan perawatan di rumah sakit zona merah. "Pengiriman selanjutnya direncanakan secara bertahap per pekan," katanya.

15 Perusahaan

Sementara itu, dalam Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menginformasikan bantuan 11.000 oksigen konsentrator (OC) itu digagas Yayasan Temasek dan 15 perusahaan Indonesia serta Singapura dalam bentuk donasi peralatan medis.

Hingga pada 13 Juli 2021, Yayasan Temasek bersama dengan 15 perusahaan Indonesia dan Singapura sudah mengumpulkan 11.000 oksigen konsentrator untuk Indonesia. Sebanyak 1.500 unit dari bantuan tersebut diberangkatkan dari Shanghai dan tiba di Jakarta Selasa (13/7).

Upacara penyerahan bantuan dilakukan di Beijing disaksikan Duta Besar Republik Indonesia untuk Tiongkok, Djauhari Oratmangun, di Beijing. Adapun 15 perusahaan Indonesia dan Singapura yang berkolaborasi dengan Yayasan Temasek dalam pemberian donasi kali ini adalah Bakti Barito Foundation, Cikarang Listrindo, Dharma Satya Nusantara, East Ventures, dan Indies Capital Partners.

Kemudian, Kino Indonesia, Sinar Mas, Tanoto Foundation, TBS Energi Utama, Triputra Group, UID Foundation, Wahana Artha, CapitaLand Hope Foundation, DBS Bank, dan Singtel.
Pimpinan Yayasan Temasek Internasional, Jennie Chua, dalam pernyataannya menyampaikan bahwa virus jenis baru Covid-19 yang lebih menular memerlukan kerja sama dan dukungan cepat semua pihak baik di Indonesia maupun Singapura dalam mengatasi wabah.

"Yayasan Temasek dan Kementerian Luar Negeri Singapura berharap Indonesia cepat mengatasi pandemi saat ini," katanya. Hibah tersebut diharapkan dapat membantu upaya penanggulangan pandemi Covid-19 Tanaxh Air. Hal itu juga mencerminkan hubungan baik dan kedekatan kedua negara.

Sejak awal pandemi, KBRI Singapura telah bekerja sama dengan Yayasan Temasek untuk menyalurkan berbagai bantuan penanganan Covid-19 di Indonesia.


Redaktur : Aloysius Widiyatmaka
Penulis : Antara, Agus Supriyatna

Komentar

Komentar
()

Top