Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Terobosan Medis

Messenger RNA Juga Digunakan untuk Melawan Kanker

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Vaksin baru yang dikembangkan terbukti dapat mengobati penyakit seperti kanker pankreas, termasuk jenis kanker kolorektal, dan bentuk penyakit mematikan lainnya.

Vaksin baru yang dikembangkan terbukti dapat mengobati penyakit seperti kanker pankreas, termasuk jenis kanker kolorektal, dan bentuk penyakit mematikan lainnya. Vaksin baru ini yang didanai oleh perusahaan bioteknologi Elicio Therapeutics disuntikkan mengirimkan mengirimkan molekul penargetan tumor langsung ke kelenjar getah bening.

Vaksin mengaktifkan sel T, sel kekebalan yang memainkan peran penting dalam respons tubuh melawan penyakit. Sebanyak 84 persen dari seluruh peserta memiliki respons sel T yang positif. Dari semua peserta yang menerima dosis lebih tinggi juga memberi respons yang sama.

Teknologi baru lainnya yang digunakan dalam pengembangan vaksin kanker baru adalah messenger RNA (mRNA). Pendekatan itulah yang digunakan dalam uji coba MSK terhadap vaksin neoantigen mRNA yang dipersonalisasi.

Benjamin Greenbaum, salah satu penulis makalah studi tersebut dan direktur imuno-onkologi komputasi di Memorial Sloan Kettering Cancer Center (MSK), menjelaskan bahwa ketika sel kanker berevolusi, mereka menciptakan target potensial, atau neoantigen, untuk dilawan oleh sistem kekebalan. Terlepas dari apa yang disebut Greenbaum sebagai mutasi hotspot, seperti yang terjadi pada Kirsten rat sarcoma (KRAS) yang sebagian besar mutasi bersifat spesifik untuk kanker seseorang.

Dalam uji cobanya, tim MSK mengangkat dan mengurutkan tumor partisipan. Kemudian sebuah tim di perusahaan bioteknologi Jerman, BioNTech (yang membantu mengembangkan salah satu vaksin Covid-19) menciptakan vaksin kanker yang dipersonalisasi yang menargetkan hingga 20 mutasi pada setiap tumor.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : Haryo Brono

Komentar

Komentar
()

Top