Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Dampak Perang

Menteri Jepang Kunjungi Ukraina dan Janjikan Beri Bantuan

Foto : AFP/HANDOUT / LAYANAN PERS PRESIDEN UKRAINIAN

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky (kiri) menyapa Menlu Jepang, Yoko Kamikawa sebelum pembicaraan mereka di Kyiv, Senin (7/1).

A   A   A   Pengaturan Font

KIEV - Menteri Luar Negeri Jepang, Yoko Kamikawa, melakukan kunjungan mendadak ke Ukraina, pada Minggu (7/1), dan menjanjikan kontribusi sebesar 37 juta dollar AS (574 miliar rupiah) kepada dana Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Dana itu ditujukan untuk memberikan dukungan tambahan bagi pertahanan negara Eropa Timur itu dalam menghadapi invasi Russia yang sedang berlangsung.

Seperti dikutip dari Antara, Kamikawa, yang mengunjungi Ukraina untuk pertama kalinya sejak menjabat pada September, mengatakan Jepang akan mengirimkan sistem deteksi pesawat tak berawak dan memberikan bantuan lainnya melalui pendanaan terbaru.

Pernyataan itu ia keluarkan dalam konferensi pers di Kiev, Ibu Kota Ukraina, bersama Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, setelah mereka melakukan pembicaraan.

Tokyo juga akan memberi Kiev lima pembangkit listrik turbin gas bergerak untuk membantu warga Ukraina bertahan saat musim dingin yang parah. Ia juga menyatakan tekad kuat Jepang untuk terus mendukung Ukraina sehingga perdamaian dapat dipulihkan.

Kamikawa berkunjung ke Kiev menjelang pelaksanaan konferensi yang diselenggarakan kedua negara di Tokyo, Ibu Kota Jepang, pada 19 Februari, untuk membahas rekonstruksi Ukraina, yang telah mengalami kehancuran di mana-mana sejak invasi Russia pada Februari 2022.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Eko S

Komentar

Komentar
()

Top