Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Hubungan Bilateral

Menlu Wang Yi Akan Berkunjung ke AS

Foto : AFP

Menlu Tiongkok, Wang Yi

A   A   A   Pengaturan Font

Menjelang kemungkinan kunjungan Presiden Xi Jinping ke AS, Menlu Tiongkok terlebih dahulu akan pergi ke Washington DC pada pekan ini

WASHINGTON DC - Amerika Serikat (AS) pada Senin (23/10) mengumumkan bahwa diplomat terkemuka Tiongkok akan melakukan kunjungan yang jarang terjadi ke Washington DC pekan ini. Kunjungan Menteri Luar Negeri Tiongkok, Wang Yi, ini akan membuka jalan bagi kemungkinan kunjungan Presiden Xi Jinping yang memiliki misi untuk mengendalikan ketegangan bilateral.

Menlu Wang Yi merupakan pejabat tertinggi Tiongkok yang akan berkunjung ke ibu kota AS selama hampir lima tahun. Ia akan berkunjung dari Kamis (26/10) hingga Sabtu (28/10), dan kunjungan ini terjadi dengan latar belakang perselisihan mengenai perdagangan, Ukraina, Timur Tengah, Taiwan, dan tindakan tegas Tiongkok di laut dekat Filipina.

Seorang pejabat senior AS mengatakan perjalanan tersebut merupakan bagian dari upaya antara dua negara dengan perekonomian terbesar di dunia untuk mengelola persaingan secara bertanggung jawab.

"Kami terus percaya bahwa diplomasi tatap muka langsung adalah cara terbaik untuk mengangkat isu-isu yang menantang, mengatasi kesalahan persepsi dan miskomunikasi, dan menjajaki kerja sama dengan Tiongkok di mana kepentingan kami bersinggungan," kata pejabat yang tidak mau disebutkan namanya.

Ketika ditanya apakah kunjungan Menlu Wang akan meresmikan kunjungan Xi, seorang pejabat AS lainnya mengatakan bahwa Presiden AS, Joe Biden, telah berulang kali menyatakan bahwa ia berharap bertemu Presiden Xi dalam waktu dekat dan menolak berkomentar lebih lanjut.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : AFP

Komentar

Komentar
()

Top