Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

Menjaga Kesehatan Mental Anak Saat Pandemi

Foto : ISTIMEWA

anak stres

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Peran orang tua sangat penting dalam mendukung tumbuh kembang anak agar tetap optimal tidak terkecuali selama pandemi. Orang tua perlu membangun suasana rumah yang positif dan nyaman sehingga bisa menjaga kesehatan mental anak.

Psikolog Anak, dan Pemilik Utama Spice, Ria Templer Fathya Artha Utami, mengatakan, pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini perlu keseimbangan antara keluarga dan pekerjaan. "Pandemi mendorong lebih banyak orang tua bekerja dari rumah sehingga menjaga produktivitas sambil mengasuh anak bisa menjadi tantangan tersendiri," kata dia dalam webinar yang diadakan Tokopedia Kamis (22/7).

Menurut Fathya, cara menciptakan keseimbangan dilakukan dengan perlu saling berkompromi setiap hari atas peran dan tugas yang dijalani. Tentukan mana yang menjadi prioritas dan kapan saatnya perlu fokus ke keluarga.

Selain hal tersebut, orang tua perlu mengetahui ciri-ciri anak yang sedang stress dengan mengenali perubahan perilaku dan emosional serta adanya keluhan fisik pada anak adalah beberapa ciri stres yang bisa dialami anak-anak. "Anak biasanya mengalami stres karena tekanan di rumah," ujar dia.

Komunikasikan dengan anak pada masa pandemi perlu dilakukan untuk mendeteksi perilaku stres pada anak sangat dibutuhkan demi menjaga kesehatan mental keluarga. "Caranya bisa mengomunikasikan emosi dengan anak secara jujur agar kita tahu kebutuhan mereka," kata Fathya.

Dengan mengomunikasikan secara jujur, orang tua dan anak akan dapat menyusun strategi untuk saling menenangkan emosi masing-masing yang dirasakan. Perlu ditegaskan semua emosi yang dirasakan itu benar dan diterima.

Ketika anak sedang stres orang tua perlu mendampingi dan mengelola emosi. Sama halnya dengan orang tua, selama pandemi, anak pun bisa merasakan sedih, takut, tidak aman, dan frustasi. Perbedaannya orang tua lebih mampu untuk mengelola dan mengekspresikan emosi.

Untuk itu, orang tua perlu mendampingi anak dalam mengelola emosi dengan metode HADIR yaitu Hadapi dengan tenang, Anggap semua perasaannya penting, Dengarkan tanpa distraksi, Ingat untuk bantu menamai emosi anak dan rembukan opsi, batasan serta solusi masalah.

Fatya mengatakan saat menghadapi masalah keluarga bisa melakukan relaksasi. "Meditasi atau memakai masker wajah bersama keluarga bisa menjadi kegiatan menyenangkan di akhir pekan," ujar Fathya.

Sementara itu External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, mengungkapkan, bertepatan dengan Hari Anak Nasional, Tokopedia akan memberikan ribuan buku untuk anak-anak yang dirawat di Wisma Atlet.

"Kami berharap buku-buku ini bisa mengisi waktu dan mendorong semangat anak- anak terpapar Covid-19 selama perawatan dan pemulihan di Wisma Atlet," tutup Ekhel.

(hay/G-1)
Redaktur : Aloysius Widiyatmaka
Penulis : Haryo Brono

Komentar

Komentar
()

Top