Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Mengejutkan, Penentang Pangkalan Militer AS di Jepang, Gubernur Okinawa Denny Tamaki Dipastikan Terpilih Lagi

Foto : VOA/AP

Gubernur Okinawa Denny Tamaki berbicara dalam konferensi pers di Tokyo, Jepang, pada 1 Maret 2019.

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Gubernur petahana Okinawa, yang menentang relokasi markas Marinir Amerika Serikat dan menyerukan dikuranginya tentara AS di wilayah selatan dari pulau itu, dipastikan menang dalam pemilu yang digelar pada Minggu (11/9).

VOA melaporkan, Senin (12/9), Denny Tamaki yang didukung partai-partai oposisi, dipastikan akan memenangkan masa jabatan empat tahun keduanya, menurut exit pollyang dilakukan oleh media utama Jepang, termasuk TV nasionalNHKdan kantor beritaKyodo. Berbagai jajak pendapat diadakan pada Minggu (11/9), sebelum masa jabatan empat tahun pertamanya berakhir pada bulan ini.

Tamaki dan para pendukungnya menyatakan kemenangan dan merayakan dengan teriakan "banzai" segera setelahexit pollmemperlihatkan ia mengalahkan dua pesaing -- Atsushi Sakima, yang didukung oleh blok pemerintahan Perdana Menteri Fumio Kishida, dan seorang kandidat lain yang didukung pihak oposisi, Mikio Shimoji. Penghitungan akhir diperkirakan akan selesai pada Senin (12/9) pagi.

Kemenangan itu bisa memperdalam ketegangan antara Okinawa dan pemerintah pusat.

Rencana relokasi Pangkalan Udara Korps Marinir AS Futenma dari sebuah permukiman yang padat ke wilayah yang tidak banyak penduduknya di pulau itu telah tertunda tersebut.


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : -

Komentar

Komentar
()

Top