Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

Mengejutkan Ini Efek Samping Konsumsi Vitamin D untuk Lansia

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Suatu hari kami sedang menikmati masa muda kemudian suatu hari bangun di usia 50-an, dan kita menemukan derit, retakan, dan perasaan lain yang tidak pernah kita alami sebelumnya.

Sayangnya, seiring bertambahnya usia kita, risiko kita untuk mengembangkan kondisi kesehatan tertentu seperti osteoporosis, kanker, dan hipertensi juga meningkat. Dengan kata lain, tubuh berusia 50 tahun sangat berbeda dari tubuh berusia 20 tahun.

Vitamin D unik karena ketika terkena sinar matahari, tubuh manusia dapat membuat nutrisi ini. Tetapi karena kebanyakan dari kita tidak berjemur di bawah sinar matahari seperti dulu, kesempatan untuk memproduksi vitamin utama ini menjadi berkurang.

Selain itu, kapasitas kulit untuk memproduksi vitamin D pada orang tua diperkirakan sekitar 25% dari kapasitas kulit pada orang berusia 20-30 tahun yang terpapar sinar matahari dalam jumlah yang sama .

Jika Anda berusia di atas 50 tahun dan Anda termasuk dalam kategori "mengkonsumsi suplemen vitamin D", berikut adalah beberapa efek samping yang mungkin Anda alami.

  • Risiko kanker yang lebih rendah.

Usia lanjut adalah faktor risiko paling penting untuk kanker tertentu. Tingkat kejadian kanker secara keseluruhan terus meningkat seiring bertambahnya usia , yang berarti bahwa menemukan cara untuk mengurangi risiko seiring bertambahnya usia adalah kuncinya.

Hasil dari sebuah penelitian yang diterbitkan di BMJ menunjukkan bahwa kadar vitamin D yang tinggi dikaitkan dengan risiko 20% lebih rendah terkena kanker tertentu pada pria dan wanita dibandingkan dengan mereka yang memiliki kadar vitamin D rendah. Jika Anda mengonsumsi suplemen vitamin D dan akhirnya memiliki kadar di sisi yang lebih tinggi, Anda mungkin melihat penurunan risiko kanker tertentu juga.

  • Tekanan darah yang sehat

Ada hubungan antara kadar vitamin D yang rendah dan banyak penyakit yang berhubungan dengan penuaan, salah satunya adalah hipertensi . Risiko hipertensi meningkat secara signifikan seiring bertambahnya usia seseorang.

Data pengamatan telah menunjukkan hubungan antara kadar vitamin D yang rendah dan peningkatan insiden tekanan darah tinggi serta risiko hipertensi . Jadi, satu efek samping mengejutkan yang mungkin Anda alami jika Anda rutin mengkonsumsi suplemen vitamin D adalah tekanan darah yang sehat, meskipun itu tidak berarti Anda tidak dapat mengabaikan pola makan sehat secara keseluruhan.

  • Sistem kekebalan tubuh yang sehat

Seiring bertambahnya usia, sistem kekebalan tubuh mereka secara bertahap memburuk . Hubungan antara kadar vitamin D serum yang rendah dan peningkatan risiko mengembangkan beberapa penyakit dan gangguan terkait kekebalan (termasuk COVID-19) telah terlihat. Seiring dengan mencuci tangan dan mengikuti semua rekomendasi CDC, memastikan kadar vitamin D Anda terkendali dapat membantu Anda menjauhkan diri dari penyakit


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Aris N

Komentar

Komentar
()

Top