Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Mengagumkan, Bawa Anak Saat Ujian Calon Mahasiswi Pascasarjana di Tiongkok Picu Kontroversi

Foto : ANTARA/Reuters

Arsip - Ratusan pelajar mengikuti ujian di luar ruang kelas sekolah menengah di Xinxiang, Henan, China, 2015.

A   A   A   Pengaturan Font

Beijing - Seorang calon mahasiswi pascasarjana di Jinan, Provinsi Shandong, Tiongkok, yang membawa anaknya berusia enam tahun saat mengikuti ujian masuk, telah memicu kontroversi publik.

Ia mengaku ingin memberikan pengalaman berharga kepada anak lelakinya mengenai situasi ujian masuk pendidikan program pascasarjana.

Masih 15 tahun atau 5.400 hari lagi bagi dia untuk mengikuti ujian seperti ini, demikian ibu muda bermarga Li tersebut seperti dikutip media Tiongkok, Selasa.

Ia merasa yakin pengalaman menyaksikan ujian masuk itu kelak dapat membantu sang anak.

Kepada media Tiongkok, Youyou, sang anak, menuturkan cita-citanya bisa melanjutkan pendidikan di Tsinghua University, kampus elite di Beijing.

Beberapa warganet Tiongkok tidak sependapat dengan sikap Li dengan memberikan argumentasi bahwa masa depan sang anak tidak hanya ditentukan oleh ujian.

"Saat si bocah masih kecil, seharusnya tidak banyak menerima tekanan. Lebih baik anak Anda dibawa ke museum, kebun binatang, atau taman hiburan untuk membantu perkembangan otak dan membuatnya bahagia," tulis seorang netizen di Weibo.

"Saat si anak tumbuh, banyak hal yang membuatnya berpikir untuk dirinya sendiri," tulis netizen lainnya.

"Jangan khawatir. Dalam dua hari anak itu sudah lupa. Saya punya anak seusia dia dan keinginannya hanya menjadi Batman," komentar yang lain.

Sedikitnya 4,57 juta orang di seluruh pelosok Tiongkok mengikuti ujian masuk pascasarjana tahun akademik 2022 pada Sabtu (25/12) dan Minggu (26/12).


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top