Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Mantan PM Thailand Thaksin akan Dibebaskan Besok

Foto : CNA/AFP/Manan Vatsyayana

Mantan perdana menteri Thailand Thaksin Shinawatra menyapa para pendukungnya setelah mendarat di bandara Don Mueang Bangkok pada bulan Agustus.

A   A   A   Pengaturan Font

BANGKOK - Mantan perdana menteri Thailand Thaksin Shinawatra yang dipenjara akan dibebaskan pada Minggu (18/2), kata perdana menteri kerajaan itu, enam bulan setelah kembali dari pengasingan.

Miliarder kontroversial yang dua kali terpilih sebagai perdana menteri dan digulingkan dalam kudeta militer 2006 ini dipenjara selama delapan tahun atas tuduhan korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan sekembalinya ke Thailand pada Agustus lalu. Namun dalam beberapa hari, hukumannya dikurangi menjadi satu tahun oleh Raja Maha Vajiralongkorn.

Berbicara kepada wartawan pada Sabtu (17/2) sebelum menaiki pesawat, Perdana Menteri Srettha Thavisin mengatakan, pembebasan Thaksin akan dilakukan "pada tanggal 18" dan ditangani "sesuai dengan aturan hukum".

Hal ini terjadi setelah Menteri Kehakiman Tawee Sodsong mengatakan awal pekan ini bahwa Thaksin yang kini berusia 74 tahun termasuk di antara 930 tahanan yang mendapat pembebasan dini.

"Dia termasuk dalam kelompok yang kondisinya kritis atau berusia di atas 70 tahun. Dia akan dibebaskan setelah enam bulan secara otomatis," kata menteri.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : AFP

Komentar

Komentar
()

Top