Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Deklarasi KTT APEC

Manfaatkan Kemajuan Teknologi untuk Atasi Perubahan Iklim

Foto : BRENDAN SMIALOWSKI/AFP

Hari terakhir pertemuan KTT APEC di San Francisco, California, AS

A   A   A   Pengaturan Font

SAN FRANCISCO - Pertemuan Pemimpin Ekonomi Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (KTT APEC) ke-30 ditutup di San Francisco, pada Jumat (17/11), dengan pengadopsian Deklarasi Golden Gate untuk menciptakan masa depan yang tangguh dan berkelanjutan bagi semua.

"Kita harus memanfaatkan kemajuan teknologi dan ekonomi untuk terus melepaskan potensi besar dan dinamisme luar biasa di kawasan kita, memacu pertumbuhan ekonomi, serta mengatasi semua tantangan lingkungan, termasuk perubahan iklim," ungkap deklarasi itu.

Seperti dikutip dari Antara, deklarasi tersebut diadopsi usai pertemuan selama dua hari, dengan para pemimpin berfokus pada isu-isu keberlanjutan, iklim, transisi energi yang adil, keterhubungan, serta upaya membangun perekonomian-perekonomian yang inklusif dan tangguh.

Dalam dokumen itu, para pemimpin menegaskan kembali tekad mereka untuk mewujudkan sebuah lingkungan perdagangan dan investasi yang bebas, terbuka, adil, tidak diskriminatif, transparan, inklusif, dan dapat diprediksi.

Mereka juga menegaskan kembali pentingnya sistem perdagangan multilateral berbasis aturan, dengan Organisasi Perdagangan Dunia atau World Trade Organization (WTO) sebagai intinya, yang terus mendorong pertumbuhan luar biasa di kawasan APEC.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top