Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Lionel Messi Raih Penghargaan Ballon d'Or ke-8

Foto : AFP/FRANCK FIFE

Pesepak bola Argentina Lionel Messi menerima penghargaan Ballon d'Or kedelapan dalam kariernya di Theatre du Chatelet, Paris. (30/10/2023).

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Pesepakbola Argentina Lionel Messi meraih gelar pemain terbaik dunia untuk kedelapan kalinya setelah menerima penghargaan Ballon d'Or tahun 2023 pada malam penganugerahan di Theatre du Chatelet, Paris, Selasa (31/10) dini hari WIB.

Dikutip dari AFP, Selasa (31/10), Messi tercatat mendapatkan suara terbanyak mengungguli penyerang Manchester City Erling Haaland di posisi kedua dan pemain Paris Saint-Germain (PSG) Kylian Mbappe di tempat ketiga.

Gelar Ballon d'Or tersebut menambah koleksi trofi Messi yang juga dinobatkan sebagai pesepak bola terbaik dunia pada tahun 2009, 2010, 2011, 2012, 2015, 2019 dan 2021.

Keberhasilan pemain berjuluk La Pulga mendapat penghargaan bola emas itu tidak terlepas dari penampilan impresifnya bersama timnas Argentina yang keluar sebagai juara Piala Dunia 2022 dan mampu mencetak tujuh gol serta menjadi pemain terbaik turnamen tersebut.

Pemain yang kini membela klub Amerika Serikat Inter Miami tersebut mengatakan gelar Ballon d'Or kedelapannya itu ia dedikasikan untuk mendiang pesepakbola Diego Maradona yang berulang tahun ke-63, Senin kemarin.

"Ini adalah hadiah untuk seluruh bagian dari tim Argentina atas apa yang kami raih. Selamat ulang tahun Diego. Ini untuk Anda juga," ujar Messi setelah menerima penghargaan tersebut.

Keberhasilan Messi tidak terlepas juga dari perubahan penilaian baru-baru ini yang mengacu kepada penampilan pemain tahun sebelumnya, tidak lagi kepada tahun saat penganugerahan digelar.

Messi meraih gelar tersebut meski mengalami musim terakhir yang mengecewakan bersama klub Prancis Paris Saint-Germain walaupun keluar sebagai juara Ligue 1 2022/23.

Mbappe yang menjadi pemain bintang di PSG tercatat mencetak 41 gol, dan juga pencetak gol terbanyak Piala Dunia dengan delapan gol, termasuk hat-trick di final di mana Prancis kalah dari Argentina melalui adu penalti, namun ia gagal mendapat suara terbanyak untuk Ballon d'Or dan berada di tempat ketiga

Sementara itu penyerang Norwegia Haaland berada di urutan kedua setelah mencetak 52 gol dalam 53 pertandingan untuk tim Manchester City yang memenangkan treble winners mengamankan gelar Liga Inggris, Piala FA, dan Liga Champions.


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : AFP

Komentar

Komentar
()

Top