Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

Letjen Kopassus Ini Pun Resmi Meninggalkan Markas Kostrad Menuju Tugas Barunya

Foto : Istimewa

Tradisi pelepasan Pangkostrad di Markas Kostrad.

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Jenderal bintang tiga Kopassus ini resmi meninggalkan Markas Kostrad. Ia akan menempati pos barunya sebagai Kepala Staf Umum TNI.

Jenderal bintang tiga Kopassus yang dimaksud tak lain adalah Letjen Eko Margiyono, mantan Danjen Kopassus yang sebentar lagi akan jadi Kasum TNI. Seperti diketahui, beberapa waktu lalu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan mutasi dan rotasi jabatan sejumlah perwira.

Dalam mutasi dan rotasi ini, Letjen Eko dirotasi menjadi Kasum TNI menggantikan Letjen Ganip Warsito yang diangkat jadi Kepala BNPB. Sementara jabatan Pangkostrad, selanjutnya akan dipegang oleh Mayjen Dudung Abdurachman yang sebelumnya menjabat Pangdam Jaya.

Mengutip keterangan tertulis Penerangan Kostrad, pada hari Selasa (8/6), digelar acara tradisi pelepasan pejabat lama Panglima Kostrad Letjen TNI Eko Margiyono di Serambi Kehormatan Makostrad, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat. Sang jenderal pun dilepas dengan suasana haru.

"Kegiatan diawali dengan sambutan dari pejabat baru Pangkostrad Mayjen TNI Dudung Abdurachman, didampingi Ny. Rahma Dudung Abdurachman,"kata Penerangan Kostrad dalam keterangannya yang diterima Koran Jakarta, Rabu (9/6).

Mayjen Dudung, Pangkostrad yang baru dalam sambutannya mengatakan, atas nama segenap warga Kostrad, ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Letjen TNI Eko dalam mengembangkan Kostrad selama ini. Mantan Pangdam Jaya ini juga mengucapkan selamat jalan dan selamat bertugas di tempat tugas yang baru Letjen Eko sebagai Kasum TNI.

"Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingan-Nya kepada kita semua di dalam melanjutkan tugas pengabdian kepada negara dan bangsa," kata Mayjen Dudung.

Sementara itu, Letjen Eko memohon doa restu kepada seluruh warga Kostrad dalam mengemban tugas di tempat yang baru. Ia pun berharap Pangkostrad yang baru bisa melanjutkan dan melaksanakan tugas sebagai Pangkostrad dengan baik.

Ada pun kegiatan tradisi pelepasan Pangkostrad disusun secara sederhana mulai dari penciuman Pataka Kostrad dan penandatanganan buku tradisi oleh Letjen Eko dilanjutkan pengalungan bunga Pangkostrad kepada mantan Pangkostrad dan menerima tradisi pedang pora dari para Komandan Satuan Jajaran Kostrad.

Sebelum meninggalkan Makostrad, Letjen Eko menerima penghormatan dan laporan dari petugas Pos 1 Makostrad. Selanjutnya Letjen Eko beserta istri naik kendaraan menuju ke kediaman yang dikawal oleh anggota Pom Kostrad.

Acara tradisi pelepasan mantan Panglima Kostrad ini, menurut Penerangan Kostrad merupakan rangkaian kegiatan dari acara Laporan Korps serah terima jabatan Panglima Kostrad (Pangkostrad) dari Letjen Eko Margiyono, kepada Mayjen TNI Dudung Abdurachman yang dilaksanakan di Mabesad, Jakarta Pusat.

(ags/N-3)
Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Agus Supriyatna

Komentar

Komentar
()

Top