Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Layanan PT Pelni Didukung Operation Room Berbasis Satelit

Foto : ISTIMEWA

ruang kendali pelni

A   A   A   Pengaturan Font

AKARTA - PT Pelni memiliki Operation Room atau Ruang Kendali Operasional. Fungsinya untuk memonitor keberadaan kapal-kapal Pelni secara real time, serta dapat untuk berkomunikasi dengan Nakhoda yang berada diatas kapal ketika kapal berlayar di tengah laut.

Direktur Utama PT Pelni (Persero) Tri Andayani menjelaskan Operation Room PT Pelni tersambung dengan satelit. Hal ini memungkinkan ruang kendali tersebut memonitor sebanyak 26 kapal penumpang, 42 kapal perintis, dan 9 kapal barang selama 24 jam penuh.

"Dari ruang kendali ini, kita bisa melihat titik keberadaan kapal serta memantau situasi seluruh sudut kapal yang terpasang CCTV. Dengan perangkat teknologi yang ada, kita terhubung dengan kapal secara real time, sehingga bisa mengambil mengambil keputusan yang cepat dan akurat apabila dibutuhkan," ujar dia melalui siaran pers Jumat (28/4).

Dalam kujungan Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi dan Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo di Kantor Pusat Pelni di Jakarta, yang meninjau pusat kendali operasi atau operation room angkutan lebaran PT Pelni Andayani menunjukkkan Operation Room yang dapat menunjukan kecepatan kapal, titik koordinat, serta kondisi cuaca di wilayah setempat.

Ia menjelaskan dari Operation Room dapat melihat jumlah penumpang yang di atas Kapal serta cuaca, seperti kecepatan angin dan ketinggian ombak. "Ini dimungkinkan karena kami juga tersambung dengan data real time BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika)," terang dia.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Aloysius Widiyatmaka
Penulis : Haryo Brono

Komentar

Komentar
()

Top