Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Lagi, Barantan Musnahkan Jahe Impor

Foto : istimewa

jahe

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian (Barantan) kembali memusnahkan komoditas 287,7 ton jahe asal India dan Myanmar yang tidak memenuhi persyaratan karantina dan masuk melalui Pelabuhan Tanjung Perak. Sebelumnya, Barantan memusnahkan 108 ton jahe asal Vietnam dan Myanmar yang masuk melalui Pelabuhan Tanjung Priok.

Sekretaris Barantan, Wisnu Haryana menuturkan, tindakan penolakan yang dilanjutkan dengan pemusnahan ini tentu sudah melalui kajian dan hasil analisa risiko. "Tindakan terbaik guna menjaga produktivitas dan melindungi kelestarian sumber daya pertanian tanah air," tegasnya di Jakarta, Selasa (30/3).

Menurut Wisnu , setelah dilakukan pemeriksaan fisik dan laborarorium oleh pejabat karantina tumbuhan komoditas segar asal impor ini tidak memenuhi persyaratan karantina serta berpotensi membawa hama penyakit tumbuhan sehingga dilakukan tindakan penolakan.

Pemilik lanjut dia telah diperintahkan untuk segera mengeluarkan komoditas dari wilayah NKRI namun sampai dengan batas waktu yang ditentukan hal ini tidak dilakukan sehingga harus dilanjutkan dengan tindakan pemusnahan.

Disampaikannya bahwa kemampuan produksi jahe nasional harus kita jaga, jika terserang hama asal luar negeri yang belum ada sebelumnya maka potensi kerugian pada tingkat produksi ditaksir mencapai 3,4 triliun rupiah.


Redaktur : Muchamad Ismail
Penulis : Fredrikus Wolgabrink Sabini

Komentar

Komentar
()

Top