Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

Laga Pembuktian Sergio Aguero

Foto : Paul ELLIS / AFP
A   A   A   Pengaturan Font

MANCHESTER - Medali pemenang Liga Champions adalah satu-satunya penghargaan yang belum diraih Sergio Aguero sebagai legenda Manchester City.
Calon penggantinya di Etihad musim depan, Erling Braut Haaland menjadi bakal ancaman terbesar saat tim asuhan Pep Guardiola sekali lagi berupaya agar tidak tersandung di babak perempat final Liga Champions. City melakoni laga leg pertama babak perempat final melawan Borussia Dortmund, Rabu (7/4) dini hari WIB.
City gagal melampaui babak delapan besar dalam empat musim Guardiola berada di Manchester. Tapi kini tim asuhannya telah memenangkan 26 dari 27 pertandingan terakhir di semua kompetisi untuk menjaga harapan meraih empat trofi tetap hidup.
Aguero adalah pencetak gol terbanyak klub sepanjang masa dengan 257 gol. Itu termasuk yang paling penting dalam sejarah City saat merebut gelar Liga Inggris dari Manchester United pada musim 2011-2012.
Gol-golnya membawa City meraih tiga gelar liga lagi, dengan kemungkinan besar yang kelima dalam beberapa pekan mendatang.
Guardiola menyebut kontribusi Aguero tak tergantikan. Tidak hanya dalam hal gol dan trofi yang dimenangkan, tapi juga di hati dan pikiran para pendukung, yang hidup dalam bayang-bayang MU begitu lama sebelum kedatangannya.
Namun, di musim ke-10 dan terakhirnya, pemain berusia 32 tahun itu telah direduksi menjadi sosok yang kurang berperan. Aguero hanya mencetak tiga gol dalam musim yang dilanda cedera dan virus korona.
Di sisi lain, catatan 49 gol Haaland dalam 50 pertandingan untuk Dortmund telah melesatkannya ke puncak daftar City untuk menggantikan Aguero. Catatan pemain asal Norwegia di Liga Champions bahkan lebih mengesankan. Dia menjadi pemain tercepat yang mencetak 20 gol hanya dalam 14 penampilan di kompetisi klub utama Eropa.
Direkrut hanya dengan transfer 20 juta euro (340 miliar rupiah) pada Januari 2020, Dortmund dilaporkan meminta 180 juta euro untuk aset berharga mereka di bursa transfer musim panas ini. Klub-klub terbesar Eropa antre untuk memperebutkan tanda tangan Haaland.
Ayahnya, Alf-Inge Haaland, yang juga mantan pemain City, dan agen Mino Raiola dikabarkan melakukan perjalanan ke Spanyol untuk berbicara dengan perwakilan Barcelona dan Real Madrid Kamis lalu. Guardiola mengklaim City mungkin tidak mampu membeli pengganti Aguero karena dampak ekonomi dari pandemi virus korona.
Tetapi didukung oleh kekayaan investor asal Abu Dhabi, City memiliki sumber daya yang jauh lebih besar untuk dihabiskan musim panas ini daripada klub raksasa Spanyol yang berhutang banyak.
"Saya sangat, sangat santai tentang masalah ini karena saya tahu apa yang kami inginkan," ujar direktur olahraga Dortmund Michael Zorc. Namun, klub raksasa Jerman itu mungkin menemukan diri mereka dipaksa oleh pukulan ekonomi. ben/AFP/S-2



(ben/S-2)
Redaktur : Sriyono

Komentar

Komentar
()

Top