Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis
Pengembangan SDM

Kualitas SDM Tentukan Kinerja Koperasi

Foto : ISTIMEWA

Rulli Nuryanto

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) koperasi menjadi faktor yang sangat strategis dalam upaya mengembangkan dan memberdayakan koperasi. Dengan meningkatnya kualitas dan kapasitas SDM koperasi akan memberi dampak pada peningkatan kinerja koperasi.

"Bukan hanya dari sisi kinerja sebagai badan usaha, tetapi juga kinerja dari sisi penerapan jatidiri dan nilai koperasi serta pelaksanaan ketentuan yang berlaku," kata Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM, Rulli Nuryanto dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Selasa (25/6).

Sebelumnya, Rulli berdialog dengan para peserta pelatihan peningkatan SDM Koperasi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Menurutnya, kualitas SDM pengelola koperasi ditunjukkan antara lain dengan kompetensi atau ketrampilan yang dimilikinya.

"Salah satu bukti bahwa seseorang itu memiliki kompetensi adalah melalu sertifikat kompetensi. Untuk itu, pemerintah selalu mendorong agar SDM pengelola koperasi bisa memiliki kompetensi sesuai area kebutuhannya. Diantaranya, melalui pelatihan kompetensi dan fasilitasi uji kompetensi bagi pengelola KSP/KSPPS," ungkapnya.

Secara terpisah, Asisten Deputi Peran Serta Masyarakat Kementerian Koperasi dan UKM, Haryanto menambahkan, peningkatan kualitas SDM koperasi dan UKM tak hanya diberikan kepada masyarakat biasa. Para mantan narapidana teroris dan gerakan aktivis radikal (Kontantragis) juga mendapatkan hak yang sama.
Halaman Selanjutnya....

Penulis : Mohammad Zaki Alatas

Komentar

Komentar
()

Top