Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Korut Tetap Masuk di Daftar Negara Pemberi Dana Terorisme

Foto : AFP/KIM Won Jin

Negara Berisiko Tinggi l Warga Korut saat mengunjungi patung mendiang pemimpin Kim Il-Sung dan Kim Jong-Il di Pyongyang pada 16 Februari lalu. Organisasi FATF pekan lalu kembali mengidentifikasi Korut sebagai negara dengan risiko tinggi terkait pencucian uang, pendanaan aksi terorisme, dan penyebaran senjata.

A   A   A   Pengaturan Font

Selama 14 tahun berturut-turut, Korut diidentifikasi oleh Satuan Tugas Aksi Keuangan masih menjadi negara dengan risiko tinggi terkait pencucian uang, pendanaan aksi terorisme, dan penyebaran senjata

SEOUL - Organisasi antar pemerintah Satuan Tugas Aksi Keuangan (Financial Action Task Force/FATF) kembali mengidentifikasi Korea Utara (Korut) sebagai negara dengan risiko tinggi terkait pencucian uang, pendanaan aksi terorisme, dan penyebaran senjata. Hal itu diumumkan oleh FATF dalam gelaran sidang umum di Paris, Prancis, pada Jumat (23/2) waktu setempat.

"Selain Korut, Iran dan Myanmar juga ditetapkan sebagai negara dengan risiko tinggi," lapor kantor beritaKBS, Senin (25/2).

Dengan demikian, Korut diketahui telah berada dalam daftar hitam FATF selama 14 tahun berturut-turut. Terlebih lagi FATF mendorong pemeriksaan lebih lanjut kepada Korut dan Iran yang menjadi prioritas tertinggi bagi negara-negara anggota lembaga tersebut.

FATF prihatin bahwa Korut tidak bisa memperbaiki kegagalan sistem pencegahan pencucian uang, dan pendanaan terorisme yang menjadi ancaman serius dalam integritas sistem keuangan internasional.

Lembaga tersebut juga menyampaikan kekhawatiran akan ancaman yang dipicu oleh aktivitas ilegal Pyongyang terkait pembiayaan untuk penyebaran senjata pemusnah massal.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top