Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis

Korut Peringatkan AL Korsel Tak Melintas di Wilayahnya

Foto : AFP/YONHAP

Kapal Patroli Korsel - Sebuah kapal Korsel, Mugunghwa 10, sedang berpatroli dekat wilayah air perbatasan dekat Pulau Yeonpyeong pada Jumat (25/9) lalu. Kapal itu diduga tengah mencari jasad warga Korsel yang ditembak mati oleh tentara Korut pada Selasa (22/9) lalu.

A   A   A   Pengaturan Font

SEOUL - Pemerintah Korea Utara (Korut) pada Minggu (27/9) memperingatkan Angkatan Laut Korea Selatan (Korsel) agar tidak melintasi ke wilayah perairan teritorialnya. Peringatan dari Pyongyang itu dikeluarkan setelah ada kapal Korsel sedang berupaya mencari jasad seorang pejabat Seoul yang ditembak mati di laut oleh tentara Pyongyang.

Media pemerintah mengatakan Korut akan mulai mencari jasad itu secara sendiri dan memperingatkan bahwa operasi Angkatan Laut Korsel mengancam akan meningkatkan ketegangan.

Pejabat perikanan itu ditembak mati oleh tentara Korut pada Selasa (22/9) pekan lalu dan insiden itu merupakan pembunuhan pertama terhadap warga sipil Korsel oleh pasukan Pyongyang dalam satu dekade. Atas terjadinya insiden itu, pemimpin Korut, Kim Jong-un, telah mengajukan permintaan maaf publik yang amat jarang terjadi.

Dalam insiden itu, pihak militer Korsel menuding tentara Korut telah menuangkan minyak ke tubuh pria itu dan membakarnya setelah menembak mati. "Kematian itu adalah kasus mengerikan yang seharusnya tidak terjadi," lapor kantor berita resmi Korut, KCNA, pada Minggu.

KCNA menambahkan bahwa Pyongyang sedang mengatur operasi pencarian di perairannya untuk membantu menemukan jasad dari pria itu. "Negara kami sedang mempertimbangkan prosedur dan cara untuk menyerahkan jasad yang dibawa pasang surut ke sisi selatan, jika kami menemukannya selama operasi pencarian," lapor KCNA.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : AFP

Komentar

Komentar
()

Top