Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

Korsel dan Indonesia Nilai Proyek KF-X Lambang Kepercayaan Kedua Negara

Foto : KBS/YONHAP News

Pesawat tempur KF-X

A   A   A   Pengaturan Font

SEOUL - Korea Selatan (Korsel) dan Indonesia menilai kerja sama dalam bidang industri pertahanan melambangkan kepercayaan kokoh antar kedua negara. Pernyataan itu diutarakan usai Menteri Pertahanan Korsel, Suh Wook, dan mitranya dari Indonesia, Prabowo Subianto, menggelar pertemuan di kantor Kementerian Pertahanan Korsel di Seoul pada Kamis (8/4).

"Kedua pihak sepakat untuk melakukan upaya pengaktifan kerja sama di bidang industri pertahanan, termasuk proyek pesawat tempur KF-X dan IF-X. Kerja sama di bidang pertahanan ini dipandang sebagai lambang kepercayaan antara kedua negara," menurut keterangan dari Kementerian Pertahanan Korsel.

Korsel dan Indonesia telah melakukan proyek pengembangan dan pemroduksian KF-X dengan biaya sebesar 8,7 triliun won hingga 2026. Pihak Indonesia sepakat menginvestasikan dana sebesar 1,7 triliun won atau 20 persen dari seluruh biaya proyek, dan untuk itu akan mendapat satu unit pesawat tempur KF-X dan transfer teknologi untuk dapat memproduksi 48 unit pesawat tempur generasi berikutnya di dalam negeri Indonesia.

Dalam pertemuan tersebut, kedua menteri pertahanan sepakat untuk mengadakan pertemuan bilateral menteri luar negeri dan menteri pertahanan dalam tahun ini, meluncurkan komite kolaborasi pertahanan tingkat wakil menteri berdasarkan perjanjian kolaborasi pertahanan Korsel dan Indonesia, dan mengembangkan kolaborasi terkait.

Selain itu, kedua pihak sepaham akan pentingnya kolaborasi dan koalisi bersama masyarakat internasional untuk menanggulangi berbagai ancaman, seperti Covid-19 dan keamanan laut.

Suh juga memperkenalkan 'Dialog Keamanan Seoul' pada bulan September dan 'Konferensi Tingkat Menteri Pemeliharaan Perdamaian PBB ke-4 pada Desember tahun ini, sembari meminta dukungan dan partisipasi pihak Kementerian Pertahanan Indonesia. KBS/I-1



(ils/I-1)
Redaktur : Ilham Sudrajat

Komentar

Komentar
()

Top