Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Korsel Cegat Kapal yang Diduga Bawa Pembelot Korut

Foto : Yonhap

Perahu Pembelot I Sebuah kapal menarik perahu kecil ke sebuah pelabuhan di Yangyang, Korsel, pada Selasa (24/10). Sebelumnya militer Korsel telah mencegat perahu itu yang ditumpangi 4 warga Korut yang hendak membelot ke Korsel.

A   A   A   Pengaturan Font

SEOUL - Sebuah perahu kayu kecil yang membawa sekelompok warga Korea Utara (Korut) telah menyeberang ke perairan Korea Selatan (Korsel), kata militer Seoul pada Selasa (24/10). Sekelompok warga Korut di perahu itu tampaknya melakukan pembelotan yang jarang terjadi karena melintasi perbatasan maritim.

Kepala Staf Gabungan (JCS) mengatakan kapal tersebut dan awaknya dianggap telah membelot dari Korut. "Kapal itu dicegat di perairan timur kota pelabuhan Sokcho dan semua penumpangnya berhasil diselamatkan," lapor JCS.

"Kapal itu membawa empat warga Korut yang menyatakan niat mereka untuk membelot," lapor kantor beritaYonhapyang mengutip seorang narasumber pemerintah yang tidak disebutkan namanya.

Lebih dari 30.000 warga Korut telah melarikan diri ke Korsel selama beberapa dekade sejak konflik tahun 1950-1953 untuk menghindari penindasan dan kemiskinan. Namun jumlahnya anjlok menjadi hanya 67 pada tahun lalu, setelah Pyongyang memberlakukan penutupan perbatasan yang ketat untuk melindungi diri dari virus korona yang pertama kali muncul di negara tetangga dan sekutu utamanya, Tiongkok. SB/AFP/I-1


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top