Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

Korsel, AS, dan Jepang Gelar Perundingan Virtual Terkait Isu Nuklir Korut

Korsel, AS, dan Jepang Gelar Perundingan Virtual Terkait Isu Nuklir Korut
Foto : KBS/Yonhap News

Joe Biden

A   A   A   Pengaturan Font

SEOUL - Korea Selatan (Korsel), Amerika Serikat (AS), dan Jepang, menggelar perundingan virtual terkait isu nuklir Korea Utara (Korut). Perundingan itu merupakan yang pertama sejak pemerintahan baru AS diluncurkan.

Kementerian Luar Negeri Korsel menyatakan bahwa ketua juru runding perdamaian Semenanjung Korea, Noh Kyu-duk, bersama kedua mitranya, Sung Kim dari AS dan Takehiro Funakoshi dari Jepang, membahas isu nuklir Korut pada Jumat (19/2).

"Dalam kesempatan tersebut, ketiga pihak bertukar penilaian masing-masing tentang kondisi Semenanjung Korea belakangan ini lalu sepakat untuk melakukan kolaborasi erat demi mewujudkan denuklirisasi dan perdamaian di Semenanjung Korea," tulis kantor berita KBS News, Jumat.

Ketiga pihak juga menilai bahwa kerja sama trilateral diperlukan untuk perdamaian dan kestabilan di kawasan Asia Timur Laut termasuk Semenanjung Korea dan setuju untuk mengadakan perundingan lebih lanjut di waktu yang tepat.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri AS menegaskan bahwa pemerintahan Biden berfokus pada penguatan hubungan bilateral, khususnya Korsel dan Jepang yang merupakan inti dari Asia Timur Laut.

Wakil dari ketiga negara tersebut menggelar pertemuan untuk bertukar pendapat tentang masalah Korut di tengah perumusan kebijakan pemerintahan AS terhadap Korut. KBS/I-1



(ils/I-1)
Redaktur : Ilham Sudrajat

Komentar

Komentar
()

Top