Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis
Politik Tiongkok

Kongres Kukuhkan Masa Jabatan ke-3 Xi

Foto : AFP/Nicolas ASFOURI

Tutup Kongres Rakyat Nasional l (Dari kiri ke kanan) Anggota Komite Tetap Politbiro PKT, Wang Yang, Presiden Xi Jinping, dan PM Li Keqiang, bertepuk tangan saat menutup sesi pertemuan Kongres Rakyat Nasional di Balairung Akbar Rakyat di Beijing, Tiongkok, pada Kamis (11/3).

A   A   A   Pengaturan Font

BEIJING - Tiongkok telah menyelesaikan sesi pertemuan tahunan parlemen pada Kamis (11/3). Dalam Kongres Rakyat Nasional Tiongkok itu telah diloloskan sejumlah regulasi yang salah satunya telah membuka jalan bagi Presiden Xi Jinping untuk meneruskan masa jabatannya yang ketiga.

Dalam upaya untuk memperkuat otoritas Partai Komunis, Kongres Rakyat Nasional juga telah mengadopsi resolusi untuk "menyempurnakan" sistem pemilu di Daerah Administrasi Khusus Hong Kong sehingga rezim di Tiongkok daratan dapat mendepak aktivis prodemokrasi dari arena politik di kota tersebut dan agar perpolitikan di Hong Kong benar-benar dikuasai oleh para patriot.

Pada akhir Juni 2020, Tiongkok daratan memberlakukan undang-undang keamanan nasional bagi Hong Kong untuk menindak segala upaya pemisahan diri, subversi, terorisme, dan kolusi dengan pasukan asing, yang bertujuan untuk menumpas pengunjuk rasa yang menentang pemerintah pro-Beijing di wilayah tersebut.

Selain itu juga telah ditetapkan tekad bahwa pemerintah Tiongkok harus mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melampaui Amerika Serikat (AS) sebagai ekonomi terbesar di dunia pada 2035.

"Xi telah berhasil mengatasi virus korona, dan kemudian dia telah mencoba untuk mengusir gangguan di Hong Kong serta meningkatkan loyalitas warga kepadanya dengan bersumpah untuk meningkatkan ekonomi Tiongkok," kata seorang narasumber diplomatik di Beijing pada Jumat (12/3).
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top