Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Stabilitas Kawasan

Konflik Houthi-AS di Laut Merah Dikhawatirkan Tidak Terkendali

Foto : KORAN JAKARTA/M FACHRI

Menlu Arab Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud

A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON - Arab Saudi sangat khawatir ketegangan akibat serangan Houthi Yaman ke kapal-kapal yang berlayar di sekitar Laut Merah dan serangan Amerika Serikat (AS) terhadap sasaran Houthi dapat menjadi tidak terkendali dan meningkatkan konflik di wilayah tersebut.

"Kami sangat khawatir. Kami berada dalam masa yang sangat sulit dan berbahaya di kawasan ini, dan itulah mengapa kami menyerukan deeskalasi," kata Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud, dalam sebuah wawancara, Sabtu (20/1).

Serangan yang dilakukan oleh milisi Houthi yang bersekutu dengan Iran terhadap kapal-kapal di dalam dan sekitar Laut Merah selama beberapa minggu terakhir telah memperlambat perdagangan antara Asia dan Eropa dan meningkatkan perang di Gaza, sehingga menimbulkan kekhawatiran bagi negara-negara besar.

Dikutip dari The Straits Times, Menteri Luar Negeri Arab Saudi mengatakan kerajaannya percaya pada kebebasan navigasi dan ingin ketegangan di wilayah tersebut dikurangi.

"Kami tentu saja sangat percaya pada kebebasan navigasi. Dan itu adalah sesuatu yang perlu dilindungi. Namun, kita juga perlu melindungi keamanan dan stabilitas kawasan. Jadi, kami sangat fokus untuk meredakan situasi sebisa mungkin," katanya.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top