Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Konflik Global Jadi Peringatan bagi Masyarakat Internasional

Foto : AFP/FABRICE COFFRINI

Komisaris Tinggi PBB untuk HAM, Volker Turk

A   A   A   Pengaturan Font

JENEWA - Konflik dan krisis yang terjadi di seluruh dunia saat ini semestinya menjadi peringatan bagi masyarakat internasional. Hal itu ditegaskan oleh Komisaris Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Hak Asasi Manusia (HAM), Volker Turk, pada Rabu (6/12).

"Hak asasi manusia tidak gagal. Pengabaian sinis terhadap HAM, dan kegagalan dalam menghormati dan mengindahkan peringatan tentang hak asasi manusia telah membawa kita ke titik ini," ujar Turk dalam konferensi pers di Jenewa, menjelang Hari Hak Asasi Manusia pada 10 Desember.

Komisaris HAM PBB itu berbicara mengenai situasi yang memprihatinkan di Gaza dan menyerukan gencatan senjata. Turk menekankan krisis yang dapat diprediksi dan dapat dicegah, serta menyerukan persatuan internasional atas dasar kemanusiaan.

Turk juga menyebutkan beberapa krisis kemanusiaan utama di dunia, termasuk di Sudan, dimana lebih dari 7.000 warga sipil telah terbunuh dan 6,3 juta orang mengungsi sejak April 2023. SB/Ant/Xinhua/I-1


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top