Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis
Perkembangan Kecerdasan Buatan

Konferensi Wina Mendesak Pengaturan Senjata Berbasis AI

Foto : ISTIMEWA

Dengan menggunakan AI, segala jenis senjata dapat diubah menjadi sistem otonom, berkat sensor canggih yang diatur oleh algoritma.

A   A   A   Pengaturan Font

WINA - Sebuah konferensi global dua hari di Wina, pada Selasa (30/4), mengatakan dunia harus menetapkan seperangkat aturan untuk mengatur senjata berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) ketika senjata tersebut masih dalam tahap awal, menyebut masalah ini pada saat itu sebagai "momen Oppenheimer".

Dikutip dari France 24, para analis mengatakan seperti bubuk mesiu dan bom atom, AI mempunyai kapasitas untuk merevolusi peperangan, membuat perselisihan antarmanusia menjadi sangat berbeda dan jauh lebih mematikan.

"Ini adalah 'momen Oppenheimer' generasi kita di mana ketegangan geopolitik mengancam untuk membawa terobosan ilmiah besar ke jalur yang sangat berbahaya bagi masa depan umat manusia," demikian ringkasan konferensi dua hari di Wina.

Fisikawan AS, Robert Oppenheimer, membantu menciptakan senjata nuklir selama Perang Dunia II.

Austria menyelenggarakan dan menjadi tuan rumah konferensi yang dihadiri sekitar 1.000 peserta, termasuk para pemimpin politik, pakar, dan anggota masyarakat sipil, dari lebih dari 140 negara.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top