Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video

Komandan Pasukan yang Pernah Tewaskan Pimpinan KKB Ini Ternyata Bukan Prajurit Sembarangan, Dia Didikan Kopassus

Foto : Istimewa

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono memimpin langsung Acara Penyerahan Jabatan dan Tradisi Korps Danyonif Raider Khusus 751/Vira Jaya Sakti, di Mako Yonif RK 751/VJS.

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Komandan pasukan yang pernah tewaskan pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Ini, ternyata bukan prajurit sembarangan, Dia didikan Kopassus. Pasukan yang dimaksud adalah Yonif Raider Khusus (RK) 751/Vira Jaya Sakti (VJS) yang berkedudukan di Sentani Jayapura.

Ada pun komandan baru dari Yonif Raider Khusus (RK) 751/VJS ini adalah Letkol Inf Dedy Dwi Cahyadi. Seperti diketahui, mengutip keterangan tertulis Dispenad, pada hari Selasa (15/6), Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono memimpin langsung Acara Penyerahan Jabatan dan Tradisi Korps Danyonif Raider Khusus (RK) 751/Vira Jaya Sakti (VJS) di Mako Yonif RK 751/VJS.

Pasukan raider yang pernah menewaskan salah satu komandan KKB ini, resmi punya komandan baru. Dia adalah Letkol Inf Dedy Dwi Cahyadi, Danyonif Raider Khusus (RK) 751/VJS yang baru.

Siapa Letkol Inf Dedy Dwi Cahyadi? Rupanya dia bukan perwira biasa. Tapi perwira pasukan khusus TNI AD, Kopassus. Ya Letkol Inf Dedy Dwi Cahyadi, berasal dari Korps Baret Merah. Dia pernah bertugas di satuan Grup 1/Para Komando Kopassus.

Letkol Inf Dedy Dwi Cahyadi merupakan abituren Akademi Militer (Akmil) tahun 2003. Di Korps Baret Merah, ia pernah menjadi Wakil Komandan Batalyon 14/Bhadrika Sena Baladika (Yon 14). Setelah itu naik kelas jadi Komandan Batalyon 13/Thikkaviro Sena Baladhika (Yon 13).

Batalyon 14/Bhadrika Sena Baladika bermarkas di Kemang, Bogor, Jawa Barat. Pun, Batalyon 13/Thikkaviro Sena Baladhika atau Yon 13 adalah satuan pasukan khusus yang merupakan bagian dari Grup 1/Para Komando Kopassus.

Letkol Dedy Dwi Cahyadi punya ikatan emosional dengan Yonif RK 751/VJS yang kini dipimpinnya. Saat itu, Letkol Dedy bersama dengan pasukan Yon 13 Kopassus bekerja sama dengan Yonif RK 751/VJS terlibat dalam kontak tembak dengan KKB di Dusun Binti. Dan sukses membuat KKB kocar kacir.




Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Agus Supriyatna

Komentar

Komentar
()

Top